Penulis Utama : Khusnul Rahmadhani
NIM / NIP : D0115053
×

ABSTRAK

 Rencana strategi menjadi hal yang penting dalam proses pembuatan keputusan termasuk dalam melakukan pengembangan usaha mikro. Rencana strategi perlu dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi internal dan eksternal organisasi. Hal ini menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan sehingga mengurangi resiko pengambilan keputusan yang tidak sesuai kondisi organisasi. Seperti salah satunya industri pengolahan pangan di Kabupaten Magetan yang berpotensi meningkatkan perekonomian daerah tetapi belum dikembangkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rumusan rencana strategi bagi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan dalam melakukan pengembangan usaha mikro sektor industri pengolahan pangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan kuesioner. Validitas data akan menggunakan triangulasi teknik sedangkan analisis data menggunakan analisa SWOT dan uji tes litmus.

Hasil penelitian berdasarkan identifikasi faktor internal dan eksternal lalu dilakukan analisa SWOT mampu mengidentifikasi 11 isu strategi. Berdasarkan uji litmus 5 isu masuk kategori sangat strategi yaitu: (1) Meningkatkan keterlibatan pelaku usaha mikro dalam rencana pembangunan gedung cinderamata; (2) Meningkatkan pengembangan SDM aparatur melalui dukungan pemerintah; (3) Mempertegas komitmen dinas dalam upaya meningkatkan sinergitas antar OPD; (4) Memperluas jalinan kerjasama terkait upaya pengembangan sarana prasarana penunjang industri pengolahan pangan; (5) Memaksimalkan ketersediaan anggaran yang ada dalam upaya pengetahuan branding dan merek bagi industri pengolahan pangan.

Kata kunci: Rencana Strategi

×
Penulis Utama : Khusnul Rahmadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0115053
Tahun : 2020
Judul : Strategi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan dalam Pengembangan Usaha Mikro Sub Sektor Industri Pengolahan Pangan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Ilmu Administrasi Negara-D0115053-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kristina Setyowati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.