Penulis Utama : Aldila Una Dea Haryono
NIM / NIP : D0214006
×

ABSTRAK

 Twitter dan fanbase K-Pop telah menjadi platform penting bagi para fans grup K-Pop untuk lebih terhubung dengan idolanya, serta bertukar informasi dengan komunitas fans lokal dan global. Akun fanbase grup idola K-Pop menjadi salah satu sumber informasi yang paling ditunggu dan dicari oleh para penggemar, untuk mencari berbagai informasi tentang idola mereka, dalam penelitian ini yakni penggemar grup BTS. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti bagaimana ketergantungan serta efek yang timbul pada penggemar dan followers, saat akun fanbase @ARMYIndonesiaa menghilang dan menjadi tidak aktif, mengingat akun tersebut menjadi akun fanbase ARMY terbesar di twitter.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui lebih dalam tentang fenomena tersebut. Penelitian ini dilakukan sebagai penelitian permulaan yang nantinya perlu dilakukan penelitian lanjutan. Penelitian ini menggunakan teori ketergantungan media yang dikembangkan oleh Sandra Ball-Rokeach dan Melvin Defleur. Teori ini akan menjadi acuan dalam pemecahan permasalahan mengenai respon dan ketergantungan akibat hilangnya akun fanbase @ARMYIndonesiaa.

Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan metode analisis teks, yaitu berbagai respon yang diungkapkan oleh para followers. Respon tersebut didapatkan dari kolom reply di akun fanbase @ARMYIndonesiaa saat akun tersebut dinonaktifkan. Dari hasil analisis teks tersebut kemudian dilanjutkan dengan metode analisis konteks, yang dilakukan melalui wawancara langsung kepada para followers.

Hasil penelitian menunjukkan, pada level teks, akun fanbase @ARMYIndonesiaa ini merupakan akun yang sangat penting bagi kalangan followers, karena akun tersebut memuat berbagai informasi mengenai BTS dan membantu followers untuk mencapai tujuan tertentu yang dianggap penting oleh followers, terkait dengan BTS. Nonaktifnya akun ini juga menimbulkan respon beragam seperti munculnya rasa kehilangan di kalangan followers. Pada level konteks, ditemukan bahwa para followers mengalami 3 efek ketergantungan, yakni efek afektif, kognitif dan behavioral. Efek tersebut diakibatkan oleh para followers yang sangat bergantung pada akun @ARMYIndonesiaa serta peran akun fanbase tersebut cukup besar di kalangan followers.   

Kata Kunci :   Twitter, Ketergantungan Media, Sumber Informasi, ARMY Indonesia, New Media.

×
Penulis Utama : Aldila Una Dea Haryono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214006
Tahun : 2020
Judul : Ketergantungan Sumber Informasi dalam New Media (Studi Kualitatif Tentang Ketergantungan Akibat Hilangnya Sumber Informasi di Kalangan Followers Akun Twitter @Armyindonesiaa)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D0214006-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si,Ph.D,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.