Penulis Utama : Dhania Dwi Afianti Saputri
NIM / NIP : F0116025
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dan belanja modal terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) pada kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah periode 2014 sampai 2018.
Alat analisis yang digunakan ialah regresi data panel dengan metode kuantitaif menggunakan data sekunder. Panel data adalah gabungan dari data antar individu yang mencakup 35 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah dan data antar waktu selama lima tahun. Pengujian hipotesis menggunakan regresi panel data dengan bantuan perangkat lunak Eviews 9.
Hasil penelitian memberikan bukti empiris bahwa pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan belanja modal berpengaruh signifikan positif terhadap PDRB pada kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan, untuk dana alokasi khusus berpengaruh signifikan negatif terhadap PDRB pada kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah.
Saran dari penelitian ini diharapkan pemerintah daerah dapat menggali potensi yang ada pada setiap daerah dan mengalokasikan anggaran daerah untuk kegiatan produktif yang akan meningkatkan produk domestik regional bruto di Provinsi Jawa Tengah.

×
Penulis Utama : Dhania Dwi Afianti Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0116025
Tahun : 2020
Judul : Determinan Faktor Produk Domestik Regional Bruto pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Periode 2014-2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Ekonomi Pembangunan- F0116025 -2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bhimo Rizky Samudro, S.E, M.Si, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.