Penulis Utama : Alvio Putri Matahari
NIM / NIP : D0215010
×

ABSTRAK

Memulai perkenalan hingga mencari teman kencan melalui media online saat ini sudah sangat lazim dilakukan. Telah banyak website atau aplikasi yang memfasilitasi penggunanya untuk melakukan kencan daring. HAGO, salah satu aplikasi game online yang saat ini digemari dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia ternyata menjadi salah satu media untuk mencari teman kencan bagi sebagian orang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses keterbukaan diri yang dilakukan pengguna aplikasi game online HAGO dalam pencarian teman kencan.

Teori yang digunakan oleh peneliti adalah Teori Penetrasi Sosial milik Alman dan Taylor. Terdapat 4 tahapan yang dijelaskan pada Teori Penetrasi Sosial untuk mencapai keintiman yaitu tahap orientasi-pertukaran efektif-pertukaran efek- pertukaran stabil.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah pengguna aplikasi game online HAGO. Peneliti mengambil 4 orang informan yang merupakan pengguna aplikasi game online HAGO yang pernah atau sedang berkencan dan menjalin hubungan dengan seseorang yang ia kenal melalui aplikasi game online HAGO. Peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumen sebagai teknik pengumpulan data. Salah satu dokumen yang digunakan peneliti adalah riwayat percakapan tertulis yang dilakukan informan dan pasangannya. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik penjodohan pola. Teknik ini digunakan dengan cara menjodohkan pola yang ada dalam teori penetrasi sosial dengan pola hasil yang ditemukan pada informan.

Hasil dari penelitian ini adalah proses keterbukaan diri yang dilakukan oleh informan sesuai dengan tahapan yang ada pada teori penetrasi sosial. Informan melewati tahapan keterbukaan diri secara berurutan dari mulai tahap orientasi sampai dengan tahap pertukaran stabil.

Kata kunci: Kencan Online, Penetrasi Sosial, Game Online, HAGO, Keterbukaan Diri

×
Penulis Utama : Alvio Putri Matahari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215010
Tahun : 2020
Judul : Self-Disclosure Pengguna Aplikasi Game Online Hago (Studi Kasus Self Disclosure dalam Pencarian Teman Kencan pada Pengguna Aplikasi Game Online Hago)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D0215010-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos. Ph,D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.