Penulis Utama : Ferdinand Immanuel
NIM / NIP : D0215046
×

ABSTRAK

 Penelitian ini berjudul PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG BISNIS RADIO DI ERA DIGITAL (Studi Kasus Penggunaan Media Sosial Sebagai Pendukung Bisnis Solo Radio, PTPN Radio, dan Metta FM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial dengan kemampuan interaksinya yang lebih besar dibandingkan radio mampu memberikan manfaat pada bisnis dari radio-radio di Solo serta apa saja interaksi-interaksi yang sebenarnya terjadi antara radio dan pendengarnya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori-teori yang dianggap relevan dengan penelitian ini adalah new media, manajemen media radio, konvergensi media, dan interaktivitas media sosial. Teori konvergensi media yang digunakan merupakan teori dari Henry Jenkins sedangkan teori interaktivitas media sosial yang digunakan milik Sally J. McMillan dalam Leah dan Livingstone.

Teknik penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling pada pengguna media sosial dari radio-radio di Solo atau dapat dikatakan sebagai admin media sosial. Radio yang dipilih serta informan yang dipilih telah disesuaikan dengan kriteria-kriteria yang telah peneliti tentukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Teknik analasis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif dari Miles dan Hubberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian diperoleh jika radio-radio saat ini menggunakan media sosial yang memiliki kemampuan interaksi lebih besar dari radio sendiri untuk kepentingan bisnis baik secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi yang terjadi pada pendengar di media sosial terbagi menjadi tiga yaitu user to user, user to data, user to system. Interaksi ini berguna untuk bisnis radio dimana interaksi ini terbukti menambah jumlah pendengar secara onair. Media sosial bermanfaat untuk bisnis radio sebagai alat jual baru untuk radio mengiklan dan media partner. Selain itu media sosial membantu menambah pendengar di onair dan membantu branding radio dan penyiar di radio sehingga orang bisa lebih banyak tahu mengenai radio tersebut.

Kata Kunci : Radio, Interaksi Media Sosial, Bisnis

×
Penulis Utama : Ferdinand Immanuel
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215046
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Media Sosial dalam Mendukung Bisnis Radio di Era Digital (Studi Kasus Penggunaan Media Sosial Sebagai Pendukung Bisnis Solo Radio, Ptpn Radio, dan Metta Fm)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D0215046-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Andre Noevi Rahmanto, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.