Penulis Utama : Wandaningrum
NIM / NIP : D0215102
×

ABSTRAK

Munculnya banyak usaha di bidang kedai kopi menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Persaingan ini menuntut setiap kedai kopi untuk melakukan promosi yang tepat agar bisnis mereka dapat terus bersaing dan menarik lebih banyak konsumen. Bauran promosi merupakan unsur komunikasi pemasaran yang penting diperhatikan oleh suatu kedai kopi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran promosi pada salah satu kedai kopi di Kota Surakarta yaitu Cold ‘N Brew.

Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran Cold ‘N Brew melalui elemen-elemen bauran promosi yakni periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, serta studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif oleh Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Cold ‘N Brew telah menerapkan lima elemen bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung). Meskipun begitu, elemen periklanan kurang dioptimalkan karena dirasa kurang efektif di era globalisasi ini. Penelitian ini menemukan fakta bahwa media sosial, khususnya instagram memiliki peran penting bagi suatu bidang usaha khususnya kedai kopi untuk terus berkembang di era serba canggih ini. Dengan memanfaatkan instagram, Cold ‘N Brew dapat menghemat anggaran dana dan dengan mudah menarik calon pelanggannya melalui konten-kontennya.

Kata Kunci: Bauran Promosi, Komunikasi Pemasaran, Kedai Kopi.

×
Penulis Utama : Wandaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215102
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Bauran Promosi pada Kedai Kopi Cold ‘N Brew (Studi Kasus Penerapan Bauran Promosi Pada Kedai Kopi Cold ‘N Brew di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D0215102-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Likha Sari Anggreni, S.Sos., M.Soc.Sc.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.