Penulis Utama : Yuli Nur Afifah
NIM / NIP : D0215106
×

ABSTRAK

 Akses informasi yang cepat, murah dan dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat menjadi sebuah kebutuhan di era serba digital saat ini. Semua korporasi, usaha kecil, hingga institusi pemerintahan, berupaya menghadirkan sebuah laman digital yang mampu diakses oleh umum, di mana laman tersebut mengakomodasi segala informasi. Fenomena tersebut memunculkan banyak usaha rintisan, biasa disebut startup, yang bergerak di bidang jasa penyediaan hosting atau web hosting sebagai tempat data informasi laman disimpan, diakses, dan dikelola melalui jaringan internet. Salah satu penyedia layanan hosting tersebut adalah Niagahoster. Dalam rangka untuk membedakan diri dengan kompetitor dan menyebarkan terpaan informasi seputar webhosting dan produknya, Niagahoster memanfaatkan Instagram semaksimal mungkin. Saat ini, akun Niagahoster terus berusaha relevan dalam setiap unggahannya dan mendapat respon positif yang ditandai dengan peningkatan jumlah followers.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan strategi dan pengelolaannya di akun instagram @niagahoster.id. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahapan strategi komunikasi yang dicetuskan oleh Marhaeni Fajar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap 3 (tiga) narasumber, yaitu Manajer dari Divisi Brand and Reputation Management, Social Media Strategist, dan Employer Branding. Studi dokumen daring juga dilakukan terhadap akun instagram @niagahoster.id. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman Punch yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyejian data, dan penarikan atau pengujian kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, akun @niagahoster.id sudah menerapkan perencanaan strategi komunikasi yang meliputi 4 (empat) tahapan. Kemudian dalam konteks pengelolaan, @niagahoster.id sudah menjalankan dua dari tiga aktivitas media social yaitu social media maintenance dan social media activation.

 Kata Kunci: New Media, Strategi Komunikasi, Pengelolaan Instagram

×
Penulis Utama : Yuli Nur Afifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215106
Tahun : 2020
Judul : Strategi Pemanfaatan Media Sosial dalam Komunikasi Pemasaran (Studi Kualitatif Strategi Komunikasi Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Perusahaan Niagahoster)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D0215106-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Monika Sri Yuliarti, S.Sos., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.