Penulis Utama : Nur Ayu Ainunnisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216071
Tahun : 2020
Judul : Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Literasi Sastra pada Kalangan Difabel Netra (Studi Kasus Komunikasi Persuasif Komunitas Difalitera dalam Meningkatkan Literasi Sastra pada Kalangan Difabel Netra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D0216071-2020
Subyek : PROSES KOMUNIKASI, PERSUASIF, TEKNIK KOMUNIKASI, LITERASI SASTRA, DIFABEL NETRA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Berdasarkan data UNESCO, Indonesia menempati urutan kedua dari bawah dalam hal literasi. Terutama dalam kaitannya dengan sastra, diperlukan kemampuan terkait literasi agar keindahan yang ada pada karya sastra dapat dinikmati dan pesan yang terkandung dapat tersampaikan ke semua kalangan, termasuk penyandang difabel netra. Namun, fasilitas bagi difabel netra untuk mengakses sastra masih belum banyak. Maka dari itu, Komunitas Difalitera hadir untuk menghadirkan media alternatif bagi penyandang disabilitas tunanetra untuk mengakses literatur.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi, teknik komunikasi, serta faktor pendukung dan penghambat proses komunikasi Komunitas Difalitera dalam meningkatkan literasi sastra pada difabel netra. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sikap dari Carl L. Hovland dan teori pendekatan humanistik dari DeVito. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka. Sementara itu, sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling.

Penelitian ini menemukan bahwa proses komunikasi persuasif yang terjadi merupakan suatu proses komunikasi di mana pengurus dan relawan Komunitas Difalitera menyampaikan pesannya dengan pendekatan personal, sehingga terjalin sebuah komunikasi yang interaktif dan terbuka. Teknik komunikasi yang digunakan adalah teknik komunikasi persuasif seperti teknik integrasi, teknik pay-off, dan teknik icing. Adapun faktor pendukung dari proses komunikasi persuasif yang berlangsung, yaitu: (1) Kredibilitas dan keaktifan pembujuk; (2) Kecerdasan dan keterbukaan Persuadee sehingga menciptakan hubungan interaktif; (3) Pesan yang tersusun dengan menarik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (1) faktor teknis; dan (2) hambatan perilaku.

Kata Kunci: proses komunikasi, persuasif, teknik komunikasi, literasi sastra, difabel netra

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Christina Tri Hendriyani, M. Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP