Penulis Utama : Firosy Ayatur Rohman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0116042
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup dan Ketimpangan Pendapatan dengan Kebijakan Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Ekonomi Pembangunan- F0116042 -2020
Subyek : TINGKAT KEMISKINAN. KETIMPANGAN PENDAPATAN. INDEKS KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP. INDEKS WILLIAMSON. KEBIJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kemiskinan adalah salah satu penyakit dalam perekonomian yang harus di temukan solusi untuk  mengentaskannya.  Kemiskinan  tidak  bisa  ditinjau  dari  satu  sudut  pandang  saja  karena merupakan permasalahan yang kompleks dan bersifat  multidimensional. Kemiskinan sangat erat hubungannya  dengan  ketimpangan  dan  juga  menjadi  pemicu  utama  terjadinya  tekanan  terhadap degradasi lingkungan.Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kebumen dengan tujuan untuk melihat hubungan  antara  tingkat  kemiskinan,  ketimpangan  pendapatan  dan  Indeks  Kualitas  Lingkungan Hidup Kebumen tahun 2015 – 2019.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan alat analisis Indeks Williamson untuk mengukur ketimpangan pendapatan dan teknik uji korelasi pearson untuk melihat kekuatan hubungan antar variabel. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa  hubungan  antara  variabel  tingkat  kemiskinan  dan  ketimpangan  memiliki  hubungan  yang kuat dengan nilai (-0.95) dan memiliki hubungan arah yang negatif. Begitu pula dengan hasil uji korelasi variabel tingkat kemiskinan dengan variabel  IKLH  yang juga memiliki memiliki hubungan yang kuat dengan nilai (0,93) dengan arah hubungan negatif. Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan pemerintah dapat mengembangkan lagi kebijakan pengentasan kemiskinan yang berbasis  dengan  penjagaan  kelestarian  lingkungan  serta  kondisi  alam  dan  juga  mengurangi ketimpangan  pendapatan  yakni    Penggalakan  program  pendidikan  non  formal,  meningkatkan program  pemberdayaan  fakir  miskin,  pengembangan  UMKM,  pengembangan  lingkungan  sehat serta pengembangan kinerja pengelolaan air minum dan air limbah.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Awal.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryanto, S.E., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis