Penulis Utama : Grace Charity Kusuma
NIM / NIP : D0316031
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Implementasi dan Dampak Puskesmas Ramah Anak terhadap Pelayanan Kesehatan Anak di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Teori yang digunakan dalam penelitan ini adalah Teori Pilihan Rasional dari James Coleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan bertujuan menjelaskan Implementasi dan Dampak Puskesmas Ramah Anak terhadap Pelayanan Kesehatan Anak di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Lokasi penelitian di Kecamatan Sleman, berada di Puskesmas Seyegan, Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian dari imlementasi Puskesmas Ramah Anak di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman: 1) Sumber Daya Manusia, terdapat 2 tenaga medis di Puskesmas Seyegan telah mengikuti pelatihan Konvensi Hak Anak yaitu Psikolog dan Kepala Puskesmas Seyegan, 2) Beberapa sarana, prasarana, dan lingkungan di Puskesmas Seyegan Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman sesuai dengan indikator Puskesmas Ramah Anak, 3) Pengelolaan, Puskesmas Seyegan Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman telah melakukan pengelolaan puskesmas dengan mempertimbangkan kepentingan terbaik bagi anak, hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan, serta penghargaan terhadap pendapat anak, 4) Partisipasi Anak, Puskesmas Seyegan Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman telah dilakukan dengan sesuai peraturan yaitu dengan menyediakan wadah bagi anak untuk menyampaikan pendapatnya. 5) Pemberdayaan Masyarakat, Puskesmas melakukan kerjasama dan pemberdayaan masyarakat melalui program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan posyandu. Dampak positif yang dirasakan oleh sasaran program antara lain 1) Mengubah Perilaku Anak dan Orang Tua, 2) Pelayanan untuk Anak menjadi cepat dan efektif, 3) Program-program sesuai sasaran. Selain itu terdapat dampak negative dari adanya Puskesmas Ramah Anak yaitu Pelayanan untuk pasien umum menjadi kurang ditingkatkan. Saran yang dapat diberikan yaitu Puskesmas Seyegan lebih meningkatkan kinerja, kualitas, dan sarana dan prasarana yang masih kurang.

Kata Kunci: Implementasi, Dampak, dan Puskesmas Ramah Anak

×
Penulis Utama : Grace Charity Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0316031
Tahun : 2020
Judul : Implementasi dan Dampak Puskesmas Ramah Anak (Pra) Terhadap Pelayanan Kesehatan Anak di Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Sosiologi-D0316031-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Hilmi Pujihartati, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.