Penulis Utama : Ika Agustina
NIM / NIP : D0316038
×

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian skripsi untuk mengetahui hubungan antara peran ganda dengan fungsi sosialisasi melalui relasi gender dalam keluarga buruh gendong Pasar Legi Kota Surakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Struktural Fungsional Talcott Parsons dan Feminisme Liberal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanasi, dan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah buruh gendong sebanyak 300 orang dengan sampel yang diambil sebanyak 83 orang. Teknik analisis data menggunakan tabulasi data dan statistik korelasi (uji korelasi product moment, korelasi parsial, dan korelasi ganda).

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hubungan antara peran ganda dengan fungsi sosialisasi tidak murni, tetapi harus melalui relasi gender. Relasi gender sebagai faktor uji variabel pendahulu. Akan tetapi di dalam variabel peran ganda, fungsi sosialisasi, dan relasi gender memiliki hubungan secara bersama-sama. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori struktural fungsional maupun teori feminisme liberal.

Dapat disimpulkan bahwa semakin kurang seimbang peran ganda, maka semakin kurang seimbang fungsi sosialisasi yang diterapkan karena semakin kurang seimbang relasi gender dalam keluarga buruh gendong.

Kata Kunci : fungsi sosialisasi; gender; peran ganda; relasi gender.

×
Penulis Utama : Ika Agustina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0316038
Tahun : 2020
Judul : Hubungan antara Peran Ganda dengan Fungsi Sosialisasi melalui Relasi Gender Keluarga Buruh Gendong Pasar Legi Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Sosiologi-D0316038-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. LV. Ratna Devi Sakuntalawati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.