Penulis Utama : Katarina Ratih Kusuma Dewi Murpratiwi
NIM / NIP : D0316044
×

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara pemberdayaan perempuan dengan etos kerja melalui motivasi kerja pengrajin batik tulis paguyuban Giri Arum di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori etos kerja dan spirit kapitalisme dari Max Weber, teori pemberdayaan dari Hogan dan teori motivasi dari Hasibuan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah perempuan pengrajin batik tulis Paguyuban Giri Arum sejumlah 100 responden yang diambil secara sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment, korelasi parsial, korelasi ganda dengan bantuan program SPSS versi 22.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara pemberdayaan perempuan dengan etos kerja melalui motivasi kerja memiliki tingkat hubungan kuat sebesar 0,796. Hasil penelitian tingkat etos kerja pengrajin berada pada kategori tinggi (62,0%). Artinya bahwa pengrajin batik tulis dapat mencapai target, memanfaatkan waktu, memiliki kemauan, mampu memenuhi target, dan bertanggungjawab.

Kata Kunci : Pemberdayaan Perempuan, Motivasi Kerja, Etos Kerja

×
Penulis Utama : Katarina Ratih Kusuma Dewi Murpratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0316044
Tahun : 2020
Judul : Hubungan antara Pemberdayaan Perempuan dan Motivasi Kerja dengan Etos Kerja Pengrajin Batik Tulis Paguyuban Giri Arum di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Sosiologi-D0316044-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. LV. Ratna Devi Sakuntalawati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.