Penulis Utama : Mira Rahma Safirasari
NIM / NIP : D0316048
×

ABSTRAK

Skripsi ini membahas bagaimana perempuan yang memiliki gambar tato berinteraksi di dalam kehidupan sosial dengan mayoritas masyarakat memiliki pandangan negatif terhadap gambar tato. Sebagai perempuan bertato, ia berinteraksi secara sosial dan budaya. Di dalam ruang sosial itulah ia bernegosiasi dengan dunia sosialnya, dengan berbagai cara, seperti membiarkan gambar tato di badan dapat dilihat secara terbuka, atau ia berusaha tutupi, karena perempuan tersebut memahami adanya penilaian negatif maupun positif terhadap gambar tato di bagian badannya. Pendekatan yang digunakan untuk memahami interaksi perempuan bertato dengan kehidupan sosialnya ialah Looking Glass Self dari Charles Horton Cooley, yang membahas mengenai bagaimana analogi cermin diri mempengaruhi pembentukkan konsep diri bagi seseorang.

Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menjawab persoalan bagaimana perempuan bertato berinteraksi dengan dunia sosial-budayanya yang memiliki pandangan positif dan negatif. Metode kualitatif life story (kisah kehidupan) dari perempuan yang bertato digunakan untuk menggali pengalaman dalam interaksi sosialnya. Kajian ini menggunakan 3 studi kasus untuk menjawab. Kajian ini menemukan bahwa terdapat proses negosiasi yang berbeda-beda antara perempuan bertato satu dengan yang lainnya, diikuti kasus kepemilikan gambar tato yang berbeda-beda pula.

Kata kunci: Cermin Diri, Konteks Sosial, Tato

×
Penulis Utama : Mira Rahma Safirasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0316048
Tahun : 2020
Judul : Citra Diri Perempuan Bertato dalam Konteks Sosial (Studi Kasus Pendekatan Looking Glass Self pada Perempuan Bertato di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Sosiologi-D0316048-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aris Arif Mundayat, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.