Penulis Utama : Sayyid Abdurrabbi
NIM / NIP : D1217038
×

ABSTRAK

Animal rights atau hak-hak pada hewan sangat berkaitan dengan eksploitasi satwa. Eksploitasi hewan merupakan isu yang telah lama beredar di masyarakat. Banyaknya kasus mengenai eksploitasi satwa sejalan dengan berkurangnya kesadaran manusia akan hak pada hewan. Di Indonesia sendiri kasus ini terus berkembang mengingat kurangnya edukasi pada kesejahteraan pada hewan, bahkan praktik ini sering dilakukan oleh organisasi dan bisnis yang berhubungan langsung dengan hewan seperti penangkaran binatang. Hal ini mengungkapkan fakta bahwa edukasi akan hak-hak hewan masih belum memadai di Indonesia bahkan dikalangan organisasi yang dekat dengan hewan. Maka dibutuhkan pemikiran-pemikiran mengenai eksploitasi dan kesejahteraan hewan.

Film adalah salah satu media yang efektif untuk menyalurkan sebuah pemikiran kepada khalayak, para film maker mempunyai sebuah passion untuk memberikan gagasan-gagasan yang dituangkan ke dalam sebuah karya. Di kalangan pembuat film sendiri, media ini sudah menjadi platform atau wadah yang bersifat representatif akan ide-ide mereka serta pesan yang diterima oleh khalayak lebih mudah diterima. Meskipun terdapat sirat lain yang terkandung pada film tersebut bahkan bisa melahirkan sebuah pandangan berbeda bagi beberapa khalayak, namun tetap makna yang tersirat merupakan sebuah cerminan dari realitas sosial yang ada. Salah satu karya tersebut adalah film anak-anak Disney berjudul “Dumbo 2019” yang disutradari oleh seorang animal activist, Tim Burton. Sebab itu hal ini menjadi kajian yang menarik untuk diteliti mengenai representasi eksploitasi hewan film Dumbo 2019.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika John Fiske. Teori yang digunakan yaitu komunikasi massa, film, five of freedom animal welfare. Berdasarkan isi penelitian mengungkapkan representasi eksploitasi hewan sirkus terdapat pada tiga level, yakni realitas, representasi, dan ideologi. Pada level realitas terdapat pada penampilan, kostum, riasan, lingkungan, cara bicara, gestur, ekspresi. Sedangkan level representasi terdapat pada camera, lighting, editing, music, conflict, action, dialogue, setting & casting.

Keywords: Representasi, Animal Welfare, Animasi Film, Disney, Dumbo 2019, John Fiske

×
Penulis Utama : Sayyid Abdurrabbi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1217038
Tahun : 2020
Judul : Representasi Eksploitasi Satwa pada Sirkus di Film Animasi Disney (Analisis Semiotika Eksploitasi Satwa Pada Sirkus di Film Animasi Disney Dumbo 2019 )
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D1217038-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widyantoro
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.