Penulis Utama : Orelinda Miranti
NIM / NIP : D1317027
×

RINGKASAN EKSEKUTIF

Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan kegiatan wajib yang yang ada di perkuliahan dan setiap mahasiswa harus mengikutinya, karena menjadi salah satu syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar Ahli Madya. KKM juga memiliki tujuan lain yaitu memperkenalkan mahasiswa pada dunia kerja nyata di bidang periklanan. Khususnya pada bidang yang dipelajari penulis selama melaksanakan KKM di PT Animo Creative. Selama dua bulan pelaksanaan magang penulis berada pada posisi copywriter. Secara umum tugas pokok seorang copywriter adalah mengarang kalimat-kalimat iklan semenarik mungkin serta harus pandai dalam mengubah kalimat-kalimat penjualan menjadi gagasan-gagasan penjualan persuasif. Copywriting adalah tulisan karya copywriter dalam bentuk karangan-karangan iklan yang dibuat semenarik mungkin dengan cara kerja keras melalui perencanaan dan kerja sama dengan klien, staf legal, account executive, peneliti, dan direktur seni. Tujuan penggunaan copywriting dalam sebuah iklan adalah terpenuhinya pesan penjualan. New media sebagai media iklan atau promosi memiliki kemampuan menawarkan interaktifitas memungkinkan para pengguna dari new media memiliki pilihan informasi yang dikonsumsi, sekaligus mengendalikan keluaran informasi yang dihasilkan serta melakukan pilihan-pilihan yang diinginkannya. Salah satunya media Instagram. Instagram menjadi salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran langsung dan berinteraksi dengan konsumen. Suatu akun bisa mengunggah video atau foto dengan durasi maksimal 60 detik sehingga konsumen dapat melihat jenis-jenis barang/jasa yang ditawarkan hingga promosi tengah berlangsung.

Selama dua bulan melaksanakan KKM penulis mendapat beberapa tugas yaitu membuat konten untuk akun instagram Endes Corner selaku klien serta mengelola akun instagram tersebut. Selain itu penulis juga mendapat tugas untuk klien lain seperti produksi konten podcast untuk klien Lungan. Dari tugas-tugas itulah penulis mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru mengenai copywriting khususnya dalam pembuatan konten instagram. Menjadi seorang copywriter harus mempunyai kemampuan yang baik dalam merangkai dan mengolah kata sehingga menjadi kalimat yang dapat menarik perhatian calon konsumen.

Kata kunci : Kuliah Kerja Media, Copywriter, Copywriting, New media, Instagram.

×
Penulis Utama : Orelinda Miranti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1317027
Tahun : 2020
Judul : Peran Copywriter di Divisi Social Media Pt . Animo Creative dalam Meningkatkan Promosi Akun Instagram Endes Corner
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : D-3 Periklanan
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Komunikasi Terapan-D1317027-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra Wijaya S.Sos.,M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.