Penulis Utama : Ahmad Mukhlis Mujahiddin
NIM / NIP : D1417003
×

ABSTRAK

Alasan penulis memilih Kuliah Kerja Media di Trans 7 sebagai Asisten Produksi adalah karena menurut penulis Trans 7 adalah salah satu televisi swasta terbaik yang ada di Indonesia. Harapan penulis selama menjalani kegiatan Kuliah Kerja Media adalah bisa mendapatkan informasi,wawasan sekaligus pengalaman bagaimana bekerja di media penyiaran, khususnya di televisi. Manfaat lain dari kegiatan Kuliah Kerja Media dan dituntut untuk menjadi orang yang lebih profesional dalam bekerja. Penulis juga ingin bertemu dengan orang-orang hebat dan profesional dibidangnya selama Kuliah Kerja Media di Trans 7.

Asisten Produksi adalah seorang yang membantu produser dan Asisten Produser dalam segala aktivitas produksi mulai dari perencanaan hingga pasca produksi. Asisten ProduksiĀ  adalah petugas membantu program director dalam pelaksanaan produksi, berfungsi sebagai sekretaris dan juru bicara Program Director. Pekerjaannya mulai dari mempersiapkan, mencatat, mengumpulkan, mengoordinasikan seluruh fasilitas produksi, studio, desain grafis, backdrop, stage, wardrobe, make up, kamera, audio, lighting, memperbanyak rundown, script, dan juga kadang terlibat dalam proses kreatif.

Banyak pekerjaan dan tanggungjawab asisten produksi selama pelaksanaan KKM berlangsung yaitu Menyiapkan Naskah Berita dibantu dengan Produser, Asisten Produser dan Teman Asisten Produksi lain.Menyiapkan Stok gambar berita yang akan tayang secara live di televisi, mengenal aplikasi Inews yang digunakan untuk menyusun rundown berita, menyiapkan property on air studio (tablet presenter & makanan/minuman), bertanggung jawab dalam menyiapkan rundown dan naskah untuk presenter dan untuk orang yang ada di control room.

Asisten Produksi adalah salah satu kru di bawah kepemimpinan seorang produser. Asisten produksi bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi selama proses produksi hingga dapat siaran langsung di televisi. Keberhasilan suatu program siaran tidak lepas dari peran orang-orang yang berada di belakang layar. Orang-orang yang berada di belakang layar tersebut sangat totalitas dalam menyiapkan hingga menyajikan program siaran dengan kemasan yang informatif, menarik sekaligus mendidik bagi masyarakat yang menyaksikannya. Salah satu peran yang memiliki posisi sangat sentral dalam keberhasilan proses produksi suatu acara yaitu adanya peran seorang Asisten Produksi.

×
Penulis Utama : Ahmad Mukhlis Mujahiddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1417003
Tahun : 2020
Judul : Peran Asisten Produksi dalam Melengkapi Sumber Berita di Program Redaksi Pagi Trans 7
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Komunikasi Terapan-D1417003-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra W S.Sos, M.I.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.