Penulis Utama : Anindya Suci Pertiwi
NIM / NIP : D1417005
×

RINGKASAN EKSEKUTIF

Televisi adalah sebuah teknologi yang sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi informasi di seluruh dunia. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Sebagai salah satu media massa, kekuatan televisi telah berhasil merasuk kedalam sendi-sendi kehidupan masyarakat, hal ini disebabkan oleh karakter televisi yang berbeda dibanding media massa lainnya dalam penyampaian pesan.

Dibalik siaran sebuah televisi, terdapat para pekerja atau orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Dalam proses produksi berita, terdapat banyak sekali peran dan tugas yang berbeda-beda. Mulai dari Executive Producer, Producer, Production Assistant (PA), Director, Cameramen, Editor, hingga News Anchor. Semua bekerja dan bertanggung jawab membuat sebuah program berita yang layak ditayangkan untuk pemirsa.

Pada kesempatan ini, penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) selama dua bulan sebagai Production Assistant (PA) di CNN Indonesia. Tujuan melaksanakan kegiatan tersebut adalah agar penulis mendapatkan wawasan dan ilmu yang lebih dalam mengenai dunia pertelevisian khususnya produksi berita. Penulis juga dapat mempraktikan teori-teori yang telah penulis dapatkan di bangku kuliah untuk kemudian diterapkan di lapangan.

Penulis memilih posisi sebagai Production Assistant (PA) karena penulis ingin mengetahui bagaimana proses kerja tim produksi CNN Indonesia dalam melakukan tugasnya. Penulis juga memilih posisi tersebut dikarenakan minat penulis terhadap dunia jurnalistik dan ingin memperluas wawasan serta ilmu sebagai bekal untuk bekerja setelah lulus nanti.

Selama dua bulan magang, penulis mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman di CNN Indonesia. Penulis mengamati bahwa menjadi bagian tim produksi berita tidaklah mudah. Mereka dituntut untuk tanggap dan sigap akan hal-hal atau kejadian yang terjadi di Indonesia maupun dunia Internasional. Mereka juga dituntut mampu membuat berita yang layak, seimbang, aktual, serta sesuai fakta di lapangan.

Selain itu, penulis juga dituntut untuk bisa memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta dapat melakukan hubungan dengan berbagai pihak dan bidang profesional lainnya. Tim work atau kerjasama antar crew produksi berita sangatlah penting agar menghasilkan siaran berita yang berkualitas. Melalui pengalaman inilah penulis merasakan bagaimana bekerja dalam produksi program berita dalam dunia pertelevisian.

×
Penulis Utama : Anindya Suci Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1417005
Tahun : 2020
Judul : Peran Production Assistant (Pa) dalam Proses Produksi Program Berita Cnn Indonesia Newsroom
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Komunikasi Terapan-D1417005 -2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuminto, S.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.