Penulis Utama : Ayunda Rizky Permatasari
NIM / NIP : D1417008
×

RINGKASAN EKSEKUTIF

Kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) adalah kegiatan akademik sebagai salah satu upaya mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja serta meningkatkan pemahaman penulis di bidang penyiaran. Selain itu, sebagai persyaratan wajib kelulusan untuk mendapatkan gelar A.Md yang harus dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa yang memasuki semester 6 DIII Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penulis memilih stasiun televisi lokal PT. Arah Dunia Televisi atau yang sering disebut ADiTV yang beralamat di jalan Raya Tajem km.3 Panjen, Wedomartani, Sleman, Yogyakarta. Alasannya adalah karena ADiTV merupakan stasiun televisi lokal dengan menyiarkan program yang menghibur, informatif, mendidik, dan masih kental akan budaya lokal serta siaran bernuansa Islam. Selain itu, penulis ingin mengetahui bagaimana proses produksi suatu program acara yang disiarkan secara live maupun tapping. Pada kegiatan Kuliah Kerja Media, penulis berkesempatan untuk masuk divisi produksi sebagai Asisten Produksi.

Asisten Produksi adalah seorang yang membantu Produser dalam menjalankan tugasnya mulai dari pra produksi, pelaksanaan produksi, hingga paska produksi. Tanpa seorang Asisten Produksi, Produser tidak bisa menjalankan programnya dengan lancar. Asisten Produksi  bertugas membantu produser dalam persiapan pra-produksi suatu program, membantu direktur produksi pada saat pelaksanaan produksi, melakukan control editing pada saat post-production.

Dari kegiatan Kuliah Kerja Media selama dua bulan, penulis menarik kesimpulan bahwa Asisten Produksi memiliki peran yang sangat penting dalam proses produksi karena Asisten Produksi bisa dikatakan sebagai tangan kanan Produser. Seorang Asisten Produksi harus mengetahui segala kebutuhan yang digunakan untuk produksi mulai dari pra produksi hingga paska produksi.

×
Penulis Utama : Ayunda Rizky Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1417008
Tahun : 2020
Judul : Peran Asisten Produksi dalam Program Dialog Khusus di Aditv Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Komunikasi Terapan-D1417008-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuminto, S.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.