Penulis Utama : A’immatul Ummah
NIM / NIP : D1417009
×

RINGKASAN EKSEKUTIF

Penulis melaksanakan kegiatan magang di iNews Jakarta dengan alasan karena apabila melaksanakan magang di media televisi nasional yang berlokasi di pusat, dalam hal ini di Jakarta  (Ibukota Indonesia), penulis lebih merasakan bagaimana sistem kerja media televisi besar yang setiap harinya melakukan produksi program. Selain itu program yang di produksi merupakan program yang sudah memiliki jam tayang tetap. Sehingga kegiatan penulis selama magang sudah terjamin. Penulis memilih melaksanakan magang di media televisi Jakarta yakni iNews dibawah perusahaan MNC Group karena penulis telah memiliki tujuan agar mendapatkan banyak pengalaman dan juga menerapkan ilmu yang penulis pelajari dari perkuliahan. Selain itu penulis juga ingin mengasah keahlian di bidang penyiaran media televisi khususnya sebagai tim kreatif dari produksi program televisi.

Komunikasi memiliki peran penting dalam media televisi untuk menyampaikan sebuah informasi kepada khalayak. Siaran program acara televisi merupakan bentuk komunikasi media massa dengan televisi sebagai media yang digunakan untuk menyampaikan program tersebut. Televisi mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Hal itu dapat dilihat dari program televisi yang semakin bervariasi. Semakin bervariasinya program televisi memberikan dampak positif bagi pada broadcaster Indonesia sehingga dapat menuangkan ide-ide yang out of the box dan menarik dalam memproduksi program acara televisi. Namun perkembangan media televisi yang sangat pesat ini juga memiliki dampak negatif seperti halnya berkurangnya kualitas sebuah program acara televisi karena mengejar keuntungan (profit).

Sebuah program acara televisi terdiri dari program drama dan non drama. Diantara program non drama adalah program berita (news) contohnya seperti program news magazine. Dalam proses produksinya, program televisi di produksi oleh banyak crew yang telah memiliki tugas masing-masing. Salah satu crew produksi sebuah program televisi adalah tim kreatif. Tim kreatif merupakan sekelompok crew yang bertugas untuk membuat konten dari sebuah program televisi. Mulai dari menentukan ide dari bentuk program yang akan ditayangkan, melakukan riset, membuat script dan juga menentukan narasumber. Dari tugas tersebut dapat disimpulkan bahwa tim kreatif memiliki peran yang sangat penting dalam memproduksi program acara televisi.

Setelah melaksanakan kegiatan magang sebagai tim kreatif program top files iNews Jakarta, penulis memperoleh banyak pengalaman dan juga ilmu pengetahuan. Diantaranya penulis telah mengetahui bahwa menjadi tim kreatif haruslah memiliki ide-ide yang menarik, bekerja dengan gesit, tahan banting, dan juga dapat berkomunikasi dengan baik. Hal itu tentunya sesuai dengan peran yang dijalani oleh penulis selama kegiatan magang. Dengan melaksanakan magang di media televisi memberikan pengetahuan secara langsung bagi penulis mengenai produksi program televsi dari pra produksi, produksi hingga pasca produksi.

×
Penulis Utama : A’immatul Ummah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1417009
Tahun : 2020
Judul : Peran Tim Kreatif dalam Produksi Program Top Files Inews Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Komunikasi Terapan-D1417009-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chatarina Heny Dwi Surwati S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.