Penulis Utama : Dwi Hastutik
NIM / NIP : H0415018
×

RINGKASAN
Dwi Hastutik H0415018. “Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten”. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dibawah bimbingan Dr. Dwiningtyas Padmaningrum, S.P., M.Si dan Dr. Agung Wibowo, S.P., M.Si.
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  merupakan pilar kegiatan ekonomi desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution). Pemahaman mengenai peran BUMDes bermanfaat untuk menganalisis peran BUMDes dalam pengembangan desa wisata. Peran BUMDes yang diteliti yaitu berupa, peran penyadaran (conscientazion), peran pengorganisasian  masyarakat (community organizing), dan peran penghantaran sumber daya manusia (resource delivery).  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) proses terbentuknya desa wisata (2) peran BUMDes dalam pengembangan desa wisata. Metode dasar penelitian adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja yaitu Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Analisis data menggunakan reduksi data, penyadian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. 
Hasil penelitian menunujukkan bahwa:(1) proses terbentuknya Desa Wisata Ponggok berawal dari adanya umbul di Desa Ponggok yang dulunya hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu pemerintah  Desa Ponggok menyadari akan potensi wisata di daerahnya. Guna mendukung pengembangan desa wisata, pemerintah Desa Ponggok bekerjasama dengan  Perguruan Tinggi, tim SAR (search and rescue), dan tim selam untuk menggali potensi wisata. (2) peran BUMDes dalam pengembangan Desa Wisata dilihat dari tiga hal yaitu peran penyadaran (conscientization), yang dilakukan dengan kegiatan sosialisasi dan bukti kerja, peran pengorganisasian masyarakat (community organizing), yaitu dengan penyaluran aspirasi serta pembagian kerja menjadi unit-unit usaha, dan peran penghantaran sumber daya manusia (resource delivery), yaitu dengan kegiatan pelatihan yang dilakukan bersama dengan pihak lain seperti perbankan dan pihak akademisi lainnya. 

 

×
Penulis Utama : Dwi Hastutik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0415018
Tahun : 2020
Judul : Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2020
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H 0415018-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwiningtyas Padmaningrum, S.P.,M.Si
2. Dr. Agung Wibowo, S.P, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.