Penulis Utama : Nur Faizaturromah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0216041
Tahun : 2020
Judul : PENGARUH TEKNIK IRIGASI DAN JENIS PUPUK TERHADAP PRODUKTIVITAS TOMAT (Solanum lycopersicum) DI ALFISOLS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS_Fak Pertanian PROGRAM STUDI ILMU TANAH-H0216041-2020
Subyek : PENGARUH TEKNIK IRIGASI DAN JENIS PUPUK TERHADAP PRODUKTIVITAS TOMAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

RINGKASAN
PENGARUH TEKNIK IRIGASI DAN JENIS PUPUK TERHADAP PRODUKTIVITAS TOMAT (Solanum lycopersicum) DI ALFISOLS
Skripsi: Nur Faizaturrohmah (H0216041). Pembimbing: Rahayu, Aktavia Herawati. Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret - Surakarta. 
Penelitian dengan judul “Pengaruh Teknik Irigasi dan Jenis Pupuk Terhadap Produktivitas Tomat (Solanum lycopersicum) di Alfisols” dengan latar belakang kesadaran akan pentingnya irigasi. Irigasi dan pupuk merupakan faktor penentu dalam proses produksi pertanian. Oleh karena itu investasi irigasi dan pengaplikasian pupuk menjadi sangat penting dan strategis dalam pertanian. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui teknik irigasi yang baik dari sistem manual, tetes, dan bawah permukaan tembikar serta mengetahui pengaruh teknik irigasi dan jenis pupuk pada produktivitas tomat (Solanum lycopersicum) di Alfisols. Penelitian dilakukan dengan metode percobaan, disusun dalam Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RAL Faktorial) dengan  dua faktor perlakuan, yaitu perlakuan tanpa pupuk (P0) perlakuan pupuk berupa pupuk organik (P1), anorganik (P2) dan pupuk campuran/lengkap (P3), serta perlakuan sistem irigasi yaitu irigasi  gentong tembikar (I1), irigasi tetes (I2), irigasi manual 75% (I3) , irigasi manual 100% (I4).
Hasil penelitian menunjukkan perlakuan irigasi tembikar dan irigasi manual 100% memiliki hasil buah tomat terbaik selama masa tanam. Irigasi tembikar dapat menghemat penggunaan air selama masa tanam sebanyak 50% dibandingkan dengan irigasi manual 100%, irigasi manual 75?n irigasi tetes tanpa mengurangi hasil buah tomat. Pupuk campuran dan pupuk anorganik memiliki hasil buah tomat terbaik dibandingkan dengan pupuk organik dan kontrol. Pemberian pupuk campuran dan pupuk anorganik dapat meningkatkan hasil buah sebanyak 50% dibandingkan dengan perlakuan pupuk organik dan kontrol. 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sc. Agr. Rahayu, S.P., M.P
2. Aktavia Herawati, S.P., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian