Penulis Utama : Cep Ahmad Muladi
NIM / NIP : R0216020
×

ABSTRAK

Cep Ahmad Muladi, R0216020, 2020. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Kewaspadaan Penanggulangan Kebakaran pada Karyawan Fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maret, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

Latar Belakang : Kebakaran gedung dan pemukiman sangat sering terjadi di Indonesia. Data menunjukan bahwa selama tahun 2019 telah terjadi kebakaran gedung dan pemukiman sebanyak 2020 kasus. Di Kota Surakarta telah terjadi kebakaran gedung dan pemukiman sebanyak 187 kasus selama tahun 2019. Bencana kebakaran gedung dan pemukiman salah satunya seringkali disebabkan karena faktor kecerobohan manusia dalam membangun gedung dan pemukiman yang tidak mengikuti standar keamanan. Selain itu kebakaran gedung dan pemukiman juga terjadi akibat faktor pengetahuan dan kesadaran (awareness) terhadap bahaya kebakaran dan penanggulangan yang tergolong rendah.

 

Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian dari karyawan non pendidik atau tenaga kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan metode Multiple Choice Questions (MCQ) untuk mengetahui tingkat pengetahuan responden dalam penanggulangan kebakaran dan menggunakan kuesioner dengan skala benar atau salah dan skala Likert untuk mengetahui tingkat kewaspadaan responden dalam penanggulangan kebakaran yang kemudian dihitung menggunakan parameter Quantitative Analysis of Situational Awareness (QUASA). Teknik analisis data menggunakan uji statistik Somers’ D.

 

Hasil : Berdasarkan hasil uji korelasi Somers’ D antara variabel tingkat pengetahuan dengan tingkat kewaspadaan penanggulangan kebakaran memiliki hubungan yang signifikan dengan p value 0,043 dan memiliki  nilai koefisien korelasi 0,177 yang berarti memiliki hubungan yang sangat lemah dan memiliki arah korelasi + (positif).

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan tingkat kewaspadaan penanggulangan kebakaran pada karyawan non pendidik (tenaga kependidikan) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

×
Penulis Utama : Cep Ahmad Muladi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216020
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Kewaspadaan Penanggulangan Kebakaran Pada Karyawan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216020-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Vitri Widyaningsih, dr., MS, Ph.D
2. Dian Nugroho, dr., M.Med.Ed
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.