Penulis Utama : Dhimas Aji Wicaksono
NIM / NIP : R0216022
×

ABSTRAK

 
Dhimas Aji Wicaksono, R0216022, 2020. Hubungan Masa Kerja Dengan Kesiapsiagaan Kebakaran Pada Pekerja Unit Filler PT. Madusari Nusaperdana, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
 
Latar Belakang : Kesiapsiagaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna. PT. Madusari Nusaperdana merupakan industri yang bergerak di bidang makanan yang memiliki bagian produksi filler. Dimana pada unit filler peralatan dengan sistem kerja mesin yang dioperasikan secara terus menerus selama 24 jam yang dapat menimbulkan risiko terjadinya kebakaran, akibatnya peralatan mesin menjadi panas dan sangat berisiko terjadi kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan masa kerja dengan kesiapsiagaan kebakaran pada pekerja unit filler di PT. Madusari Nusaperdana.
 
Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analytic, dengan desain cross sectional. Responden penelitian dari pekerja bagian produksi filler di PT. Madusari Nusaperdana sejumlah 47 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur tingkat kesiapsiagaan kebakaran pekerja. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Somers’d.
 
Hasil : Hasil uji korelasi Somers’d menunjukan variabel masa kerja berhubungan signifikan dengan kesiapsiagaan kebakaran (p= 0.000), nilai arah korelasi (+), dan koefisien korelasi 0.408.
 
Simpulan : Terdapat hubungan signifikan masa kerja dengan kesiapsiagaan kebakaran pada pekerja unit filler di PT. Madusari Nusaperdana.

×
Penulis Utama : Dhimas Aji Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216022
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Masa Kerja dengan Kesiapsiagaan Kebakaran Pada Pekerja Unit Filler PT. Madusari Nusaperdana
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216022-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Istar Yuliadi, dr., M.Si, FIAS
2. RAJ. Sri Wulandari, dr., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.