Penulis Utama : Dina Monita
NIM / NIP : R0216026
×

ABSTRAK
 
Dina Monita, R0216026, 2020. Sikap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai Variabel Moderasi pada Hubungan Peran Manajemen dan Tindakan Pencegahan Kebakaran di Industri Mebel Gilingan. Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret.

Latar Belakang : Industri mebel merupakan tempat kerja dengan bahaya kebakaran  tingkat berat karena terjadi proses penggergajian kayu dan penggunaan bahan mudah terbakar dalam proses kerjanya. Upaya pencegahan bahaya kebakaran berhubungan dengan upaya penerapan keselamatan kerja yang sangat bergantung pada peran manajemen dan tindakan pekerja di dalam menjalankan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tidak langsung antara peran manajemen terhadap tindakan pencegahan kebakaran pekerja melalui variabel moderator sikap K3.

Metode Penelitian: Penelitian dilakukan secara observasional analitik melalui pendekatan cross-sectional, pada populasi pekerja di Industri Mebel Gilingan. Jumlah subjek penelitian sebanyak 71 orang yang diambil secara simple random sampling. Uji statistik menggunakan teknik analisis data uji statistik yaitu uji regresi linear sederhana dan uji sobel menggunakan website Daniel Sorper.

Hasil : Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara peran manajemen dengan sikap K3 (p = 0.001), nilai arah korelasi (+), dan pengaruh pengaruh peran manajemen terhadap sikap K3 sebesar 15.2%. Ada hubungan signifikan antara sikap K3 dengan tindakan pencegahan kebakaran (p =0.041), nilai arah korelasi (+) dan pengaruh pengaruh peran manajemen terhadap sikap K3 sebesar 5.9%. Hasil uji sobel menunjukkan bahwa sikap K3 memediasi hubungan antara peran manajemen dan tindakan pencegahan kebakaran pekerja, tetapi secara statistik tidak signifikan (p = 0.074).
 
Simpulan : Tidak terdapat hubungan tidak langsung antara peran manajemen dan tindakan pencegahan kebakaran pekerja dengan sikap K3 sebagai variabel moderator, tetapi secara statistik tidak signifikan

×
Penulis Utama : Dina Monita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216026
Tahun : 2020
Judul : Sikap K3 Sebagai Variabel Moderasi pada Hubungan Peran Manajemen dan Tindakan Pencegahan Kebakaran Pekerja di Industri Mebel Gilingan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216026-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maria Paskanita Widjanarti, S.K.M., M.Sc
2. Yulia Sari, S.Si., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.