Penulis Utama : Evirisky Kusumaningwahyu
NIM / NIP : R0216035
×

<!--[if gte mso 9]><xml> 800x600 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";} </style> <![endif]-->

ABSTRAK

Evirisky Kusumaningwahyu, R0216035, 2020. Hubungan Kebisingan Lingkungan Kerja dan Beban Kerja Fisik dengan Kelelahan Subjektif pada Pekerja Bagian Produksi PT.Bintang Makmur Sentosa Tekstil Industri Sragen, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang :PT.BMSTI Sragen merupakan industri yang bergerak di bidang tekstil yang memiliki bagian produksi spinning, winding, dan TFO (Two for One Twister). Pada bagian spinning dan winding  pekerja terpapar kebisingan dan beban kerja fisik yang dapat menyebabkan kelelahan kerja. Kelelahan kerja sendiri sudah menyumbang hampir sebanyak 2 juta per tahun untuk angka pekerja meninggal dunia karena kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebisingan lingkungan kerja dan beban kerja fisik dengan kelelahan kerja.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan desain cross sectional. Responden penelitian dari pekerja bagian spinning dan winding PT Bintang Makmur Sentosa Tekstil Industri sejumlah 58 responden dari 111 pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan alat sound level meter untuk mengukur kebisingan lingkungan kerja, pulseoximeter untuk mengukur beban kerja fisik, dan kuisioner untuk mengukur kelelahan subjektif pekerja. Teknik analisis data menggunakan uji spearman rank dan somers’d.

Hasil :Hasil uji korelasi spearman menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara kebisingan dengan kelelahan kerja dengan nilai p value 0.002, nilai arah korelasi (+), dan koefisien korelasi 0.402. Hasil uji korelasi somers’d menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara beban kerja fisik dengan kelelahan kerja dengan nilai p value 0.000, nilai arah korelasi (+), dan koefisien korelasi 0.482.

Simpulan : Terdapat hubungan signifikan, kekuatan korelasi sedang dan arah korelasi positif antara kebisingan dan beban kerja fisik dengan kelelahan subjektif.

×
Penulis Utama : Evirisky Kusumaningwahyu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216035
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Kebisingan Lingkungan Kerja dan Beban Kerja Fisik dengan Kelelahan Subjektif pada Pekerja Bagian Produksi PT.Bintang Makmur Sentosa Tekstil Industri Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216035-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan, S.KM., M.Kes
2. Dr. Sri Mulyani, S.Kep.Ns.,M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.