Penulis Utama : Haris Setyo Utomo
NIM / NIP : R0216043
×

ABSTRAK

Haris Setyo Utomo, R0216043, 2020. Hubungan Masa Kerja dan Beban Kerja Mental Terhadap Stres Kerja pada Tenaga Pendidik Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

Latar Belakang: Stres kerja merupakan salah satu faktor psikososial yang sering ditemui di tempat kerja. Masa kerja yang semakin lama serta beban kerja mental yang tinggi akan semakin besar kemungkinan seseorang mengalami stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan masa kerja, dan beban kerja mental terhadapstres kerja.  

Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling  yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah responden 76 orang tenaga pendidik sekolah vokasi UNS. Penelitian ini menggunakan Kuesioner untuk mengetahui datamasa kerja, dan beban kerja mental, dan stres kerja. Teknik analisis data menggunakan uji spearman dan regresi linier berganda.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan signifikan antara masa kerja dengan stres kerja (p-value = 0,001; r = -0,423). Ada hubungan signifikan antara beban kerja mental dengan stres kerja  (p-value = 0,001; r = -0,407). Masa kerja, dan beban kerja mental  berpengaruh terhadap stres kerja (p-value =0,001).

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara masa kerja, dan beban kerjam mental terhadap stres kerja. 

×
Penulis Utama : Haris Setyo Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216043
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Masa Kerja dan Beban Kerja Mental Terhadap Stres Kerja pada Tenaga Pendidik Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216043-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Vitri Widaningsih, dr., MS, Ph.D.
2. Heni Hastuti, dr., MPH
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.