Penulis Utama : Monica Dwi Rahmadiena
NIM / NIP : F0116066
×

Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis adanya dampak dari pemberian dana pemerintah pusat kepada daerah berupa dana perimbangan, realisasi dari alokasi belanja modal, dan jumlah penduduk terhadap tingkat kemampuan keuangan daerah pada pemerintah daerah wilayah Eks Karesidenan Kedu pada data tahun 2010-2017.Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan penggunaan data panel meliputi data time series yaitu data pemerintah daerah Eks Karesidenan Kedu pada tahun 2010-2017 dan menggunakan data cross section yaitu meliputi pemerintah daerah Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Wonosobo, Kota Magelang, dan Kabupaten Temanggung.
Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik dan dengan menggunakan pendekatan model regresi/estimasi data panel Fixed Effect Model (FEM). Dalam penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan adanya pengaruh dari struktur realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) wilayah Eks Karesidenan Kedu pada tahun 2010-2017 yaitu dana perimbangan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan keuangan daerah wilayah Eks Karesidenan Kedu, sedangkan belanja modal memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap tingkat kemampuan keuangan daerah. Pada penelitian ini jumlah penduduk juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tingkat kemampuan keuangan daerah wilayah Eks Karesidenan Kedu tahun 2010-2017. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan angka sebesar 0.845526. Angka tersebut menunjukkan arti bahwa 84,45% tingkat kemampuan keuangan daerah sebagai variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen.

 

×
Penulis Utama : Monica Dwi Rahmadiena
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0116066
Tahun : 2020
Judul : Analisis Pengaruh Dana Perimbangan, Belanja Modal, dan Jumlah Penduduk terhadap Tingkat Kemampuan Keuangan Daerah (Studi pada Pemerintah Daerah di Wilayah Eks Karesidenan Kedu Tahun 2010-2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Ekonomi Pembangunan- F0116066 -2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Albertus Maqnus Soesilo, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.