Penulis Utama : Tania Indah Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0116098
Tahun : 2020
Judul : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Willingness To Pay Retribusi Sampah Rumah Tangga di Wilayah Jawa Timur (Studi Kasus di Kota Madiundan Kota Magetan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Ekonomi Pembangunan- F0116098 -2020
Subyek : PENGELOLAAN SAMPAH, WILLINGNESS TO PAY, RETRIBUSI SAMPAH RUMAH TANGGA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pengelolaan sampah di Kota Madiun dan Kota Magetan dilakukan berdasarkan peraturan daerah masing – masing. Pengelolaan sampah selain dilakukan oleh petugas kebersihan, juga memerlukan kesadaran masyarakat dihitung dengan ketersediaan masyarakat dalam membayar tariff retribusi sampah rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor apa saja yang mempengaruhi masyarakat dalam membayar tariff retribusi sampah rumah tangga dan mengetahui perbandingan willingness to pay atau kesediaan membayar tariff retribusis ampah rumah tangga.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diberikan dalam bentuk kuisioner kepada responden. Analisis yang digunakan adalah Contingent Valuation Method (CVM) dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kota Magetan factor pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap WTP sampah rumah tangga. Sedangkan di Kota Madiun factor usia dan jenis kelamin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap WTP sampah rumah tangga. Sebanyak 85% responden di Kota Magetan dan Kota Madiun bersedia meningkatkan biaya retribusi sampah rumah tangga, sedangkans ebanyak 15% responden di Kota Magetan dan Kota Madiun tidak bersedia meningkatkan biaya retribusi sampah rumah tangga. Rata – rata WTP responden Kota Magetan adalah Rp. 6.588,00 dan rata – rata WTP responden Kota Madiun adalah Rp. 16.648,00.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Evi Gravitiani,SE. M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis