Penulis Utama : Nerita Harning Putri
NIM / NIP : R0216072
×

ABSTRAK

Nerita Harning Putri, R0216072, 2020. Hubungan Tingkat Stres Kerja-Dengan Perilaku Tidak-Aman Pada Pekerja Di PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar, Diploma_4_Keselamatan Dan-Kesehatan-Kerja Sekolah-Vokasi, Universitas Sebelas-Maret, Surakarta.

Latar belakang: Perilaku tidak aman merupakan suatu kegagalan dalam mengikuti aturan dan prosedur dalam bekerja. Perilaku tidak aman ditandai dengan perubahan sikap seseorang yang menyimpang dari perilaku normalnya. Perubahan sikap tersebut merupakan suatu pertanda stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres kerja dengan perilaku tidak aman pada pekerja di PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan desain cross sectional. Jumlah sampel yang diambil adalah 90 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini mengukur tingkat stres kerja dan perilaku tidak aman menggunakan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji korelasi Somer’s d.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 12 (13,3%) pekerja melakukan perilaku tidak aman kategori tinggi. Hasil uji statistik dengan uji korelasi somer’s d menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara tingkat stres kerja dengan perilaku tidak aman pada pekerja di PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar (p = 0.000; r = 0.528).

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan anatara tingkat stres kerja dengan perilaku tidak aman pada pekerja di PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar.

×
Penulis Utama : Nerita Harning Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216072
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Tingkat Stres Kerja dengan Perilaku Tidak Aman pada Pekerja di PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216072-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Fajariani, S.ST, M.KKK
2. Dian Nugroho, dr., M.Med.Ed
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.