Penulis Utama : Nihayatin Muniroh
NIM / NIP : R0216073
×

ABSTRAK

Nihayatin Muniroh, R.0216073, 2020. Hubungan Iklim Kerja dan Beban Kerja Fisik dengan Tingkat Kelelahan Tenaga Kerja di Buona Fortuna Garment Karanganyar. Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret.

Latar Belakang : Kelelahan kerja dapat mengakibatkan penurunan kinerja yang akan menimbulkan peningkatan kesalahan kerja dan kecelakaan kerja. Kelelahan kerja dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah iklim kerja dan beban kerja fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan iklim kerja dan beban kerja fisik dengan tingkat kelelahan tenaga kerja di Buona Fortuna Garment Karanganyar.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan 57 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan alat heat stress area untuk mengukur iklim kerja, oximeter untuk mengukur beban kerja fisik dan reaction timer untuk mengukur tingkat kelelahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik Spearman dan uji regresi linier berganda.

Hasil : Hasil uji bivariat menunjukan bahwa terdapat hubungan iklim kerja dengan tingkat kelelahan dengan p value =  0,000 (p <0 xss=removed value =  xss=removed>

Simpulan : Ada hubungan signifikan antara iklim kerja dan beban kerja fisik dengan tingkat kelelahan tenaga kerja di Buona Fortuna Garment Karanganyar.

×
Penulis Utama : Nihayatin Muniroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216073
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Iklim Kerja dan Beban Kerja Fisik dengan Tingkat Kelelahan Tenaga Kerja di Buona Fortuna Garment Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216073-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tyas Lilia Wardani, S.ST., M.KKK
2. Heni Hastuti, dr., M.PH
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.