Penulis Utama : Prafita Ramadhani
NIM / NIP : R0216075
×

ABSTRAK

Prafita Ramadhani, R0216075, 2020. Hubungan Antara Sikap Kerja dan Masa Kerja dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Pegawai di Fakultas Kedokteran UNS, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret,  Surakarta.

Latar Belakang : Gangguan umum yang diakibatkan karena gerakan berulang dengan posisi yang konsisten dalam waktu lama yang berkaitan dengan pekerjaan sehingga dapat mengganggu saraf, suplai darah ke tangan, serta pergelangan tangan disebut carpal tunnel syndrome (CTS). Penerapan sikap kerja yang tidak ergonomis dan masa kerja merupakan salah satu yang menjadi penyebab munculnya CTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap kerja dan masa kerja dengan keluhan CTS pada pegawai di Fakultas Kedokteran UNS.

Metode : Jenis penelitian ini adalah observational analitik  dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 433 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditentukan didapatkan sampel minimal sejumlah 104 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi Brief Survey, lembar kuesioner Symptom severity scale dan lembar Informed Consent. Penelitian telah terdaftar dalam layak etik. Analisis bivariat menggunakan uji statistik spearman. Analisis multivariat menggunakan uji regresi linier berganda.  
 
Hasil : Hasil uji statistik dengan uji korelasi spearman diperoleh hasil p-value = 0,002 < 0 xss=removed>

Simpulan : Ada hubungan antara sikap kerja dan masa kerja dengan keluhan CTS pada pegawai di Fakultas Kedokteran UNS.

×
Penulis Utama : Prafita Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216075
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Antara Sikap Kerja dan Masa Kerja dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Pegawai di Fakultas Kedokteran UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216075-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Vitri Widyaningsih, dr.,MS,Ph.D
2. Yusuf Ari Mashuri, dr.,M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.