Penulis Utama : Rafli Fauzan Widiatmoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216077
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Masa Kerja Dengan Unsafe Action pada Pekerja Bagian Produksi Unit Filler di PT Madusari Nusaperdana Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216077-2020
Subyek : PENGETAHUAN PEKERJA, SIKAP PEKERJA, MASA KERJA, UNSAFE ACTION
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Rafli Fauzan Widiatmoko, R0216077, 2020. Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Masa Kerja dengan Unsafe Action pada Pekerja Bagian Produksi Unit Filler di PT. Madusari Nusaperdana Boyolali, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : PT. Madusari Nusaperdana merupakan suatu industri yang bergerak di bidang industri produk makanan siap saji seperti sosis siap makan dengan bahan dasar daging, tepung, dan ikan.  PT. Madusari Nusaperdana mempunyai jam kerja yang sangat padat untuk melakukan proses produksi selama 24 jam/hari dengan mengadakan pengadaan shift kerja atau pembagian pola waktu kerja yang meliputi proses Formulasi, Mixer, Filler, Retort, Packing. Dalam melakukan pekerjaan pekerja sering ditemukan melakukan perilaku unsafe action yang memiliki resiko kecelakaan kerja. Data ILO tahun 2013, didapatkan hasil bahwa 1 pekerja di dunia meninggal setiap 15 detik karena kecelakaan kerja  ditempat kerja dan penyebab diantaranya yaitu unsafe action. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan masa kerja dengan unsafe action pada pekerja bagian produksi unit filler di PT. Madusari Nusaperdana Boyolali.

Metode : Penelitian ini merupaakan penelitian observasional analitik yang dilakukan dengan desain cross sectional. Jumlah responden yang menjadi penelitian yaitu dari pekerja bagian produksi unit filler di PT. Madusari Nusaperdana sejumlah 70 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau sampling jenuh. Penelitian menggunakan kuesioner sebagai alat ukur untuk mengukur pengetahuan pekerja, sikap pekerja, dan unsafe action. Teknik analisis data menggunakan pengujian korelasi somers’d dan analisis regresi logistik.

Hasil : Hasil uji korelasi somers’d terdapat 3 variabel yang berhubungan signifikan dengan unsafe action yaitu pengetahuan pekerja (p = 0,017), sikap pekerja (p = 0,002), dan masa kerja (p = 0,000). Selanjutnya variabel yang signifikan dilakuka pengujian kembali dengan uji Regresi Logistik menunjukkan variabel sikap pekerja yang paling mempengaruhi unsafe action dengan p = 0,023 dan Exp (B) = 3,972.

Simpulan : Terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan, sikap, dan masa kerja dengan unsafe action pada pekerja bagian produksi unit filler di PT. Madusari Nusaperdana Boyolali.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Istar Yuliadi, dr., M.Si, FIAS
2. Dra. Ipop Sjarifah, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi