Penulis Utama : Rahadyan Hastu Nurrochman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216078
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Durasi Penggunaan Komputer dan Jarak Pandang Terhadap Keluhan CVS pada Tenaga Pendidik Sekolah Vokasi UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216078-2020
Subyek : DURASI PENGGUNAAN KOMPUTER, JARAK PANDANG, KELUHAN COMPUTER VISION SYNDROME
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK  

Rahadyan Hastu Nurrochman, R.0216078, 2020. Hubungan Durasi Penggunaan Komputer dan Jarak Pandang Terhadap Keluhan CVS pada Tenaga Pendidik Sekolah Vokasi UNS, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.  

Latar Belakang: Berdasarkan riset yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017, Indonesia memiliki sekitar 70 juta pengguna komputer dan laptop dengan rata-rata penggunaan sekitar 1-5 jam (BPS, 2017), dimana menurut The Vision Council (2016) keluhan-keluhan umum akibat paparan komputer (Keluhan CVS) dapat timbul minimal setelah dua jam pertama bekerja. CVS adalah salah satu masalah yang menyerang kesehatan mata dan dapat menurunkan produktivitas, meningkatkan tingkat kesalahan, berkurangnya kepuasan kerja, serta gangguan kemampuan visual di tempat kerja. Di dunia hampir 60 juta orang diperkirakan menderita kelelahan mata dan sekitar satu juta kasus baru terjadi setiap tahun (Akinbinu dan Mashalla, 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara durasi penggunaan komputer dan jarak pandang dengan keluhan computer vision syndrome di Sekolah Vokasi UNS.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan jenis penelitian cross sectional dan teknik pengambilan sampel total sampling. Responden dari penelitian adalah 71 tenaga pendidik di Sekolah Vokasi UNS. Penelitian ini menggunakan jam digital/stopwatch, meteran, dan kuesioner computer vision syndrome sebagai alat ukur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Sommers’d untuk uji bivariat kemudian Regresi Logistik untuk uji multivariat.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan 60 pekerja (84,5%) mengeluhkan keluhan computer vision syndrome dan 11 orang (15,5%) tidak mengalami keluhan CVS. Hasil uji Sommers’ d pada variabel durasi penggunaan komputer terhadap keluhan CVS didapatkan p value 0,002 dan nilai korelasi r = 0,568 dengan arah positif, hasil uji Sommers ‘d pada variabel jarak pandang terhadap keluhan CVS diperoleh p value 0,001 dan nilai korelasi r = 0,457 dengan arah positif.

Simpulan: Terdapat hubungan signifikan durasi penggunaan komputer dan jarak pandang dengan keluhan computer vision syndrome. Penelitian menunjukan jarak pandang merupakan variabel paling berpengaruh terhadap keluhan CVS dengan p value 0,017 dan Exp(B) = 15,101. 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Vitri Widyaningsih, dr., MS, Ph. D
2. Anak Agung Alit Kirti E. N. P, dr., M.KM
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi