Penulis Utama : Ratih Dian Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216079
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan K3 dan Masa Kerja dengan Unsafe Action pada Pekerja Bagian Cutting di PT. Jaya Asri Garmindo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216079-2020
Subyek : TINGKAT PENGETAHUAN K3, MASA KERJA, UNSAFE ACTION
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Ratih Dian Saputri, R0216079, 2020. Hubungan Pengetahuan K3 dan Masa Kerja dengan Unsafe Action pada Pekerja Bagian Cutting di PT. Jaya Asri Garmindo, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Penyebab utama dalam kecelakaan kerja adalah unsafe action, salah satu kegiatan di tempat kerja yang berisiko unsafe action adalah bagian cutting yang menggunakan mesin untuk pemotongan kain. Kurangnya tingkat pengetahuan K3 mengenai unsafe action dapat menjadi salah satu faktor risiko terjadinya penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan K3 dan masa kerja dengan unsafe action pada pekerja bagian cutting di PT. Jaya Asri Garmindo.

Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian dari pekerja bagian cutting PT. Jaya Asri Garmindo sejumlah 62 responden dari 95 populasi pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui tingkat pengetahuan K3 dan unsafe action serta data sekunder untuk mengetahui masa kerja. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Somers’d.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi unsafe action tinggi  sebanyak 54,8% responden. Uji statistik Somers’d menunjukkan bahwa ada 2 variabel yang berhubungan signifikan dengan unsafe action yaitu tingkat pengetahuan K3 (p=0,000) dan nilai korelasinya kuat (r = -0,751) dengan arah korelasi negatif (-). Masa kerja (p=0,008) dan nilai korelasinya lemah (r= -0,294) dengan arah korelasi – (negatif).

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan K3, dan masa kerja dengan unsafe action pada pekerja bagian cutting di PT. Jaya Asri Garmindo

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Awal.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Seviana Rinawati, S.KM., M.Si.
2. Dian Nugroho, dr., M.Med.Ed.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi