Penulis Utama : Rizki Cintia Devi
NIM / NIP : E0016377
×

ABSTRAK
Rizki Cintia Devi. 2016. E0016377. ANALISIS GUGATAN CLASS ACTION DALAM PERKARA GANTI RUGI NASABAH BANK PEKREDITAN RAKYAT BUNGBULANG GARUT (STUDI PUTUSANNOMOR 535 PK/Pdt/2018).Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum UniversitasSebelasMaret.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui, pertamamengapagugatanperkaragantiruginasabah BPR Bungbulang, Garut (StudiPutusanMahkamah Agung Nomor: 535 PK/Pdt/2018) dapatdiperiksadenganmekanismeclass action. Kedua, apakahMahkamah Agung dalammengabulkanputusan Nomor: 535 PK/Pdt/2018 telahsesuaidalampemenuhanaccess to justice di Indonesia, oleh karenaitupentingbagimasyarakatuntukmengetahuilebihdalammengenaikriteria dan manfaatclass actionkhususnyasebagaipemenuhanaccess to justice di Indonesia.
Penelitianiniadalahpenelitianhukumnormatif. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan yang digunakanadalahstudikepustakaan, selanjutnyateknisanalisis yang digunakanadalahmetodededuktif.
Hasil penelitianmenunjukanbahwagugatanperkaragantiruginasabah BPR Bungbulang, Garutdapatdiperiksadenganmekanismeclass actionkarenatelahmemenuhikriteriagugatanclass actionmerujuk pada Pasal 2 huruf a sampaidengan cPERMA Nomor 1 Tahun 2002 tentang Acara GugatanPerwakilanKelompok, yaitukriterianumerosity, commonality and tipicality, dan adequacy of representation. Mahkamah Agung dalammengabulkanputusanNomor: 535/PK/Pdt/2018 merupakanbuktigugatanclass actionsebagaipemenuhanaccess to justice di Indonesia. Access to justicemelaluiclass actiondigunakansebagaipemenuhhakuntukmemperolehkeadilanmelaluikepentingankolektif yang dilaksanakansesuaiprosedur yang telahditentukan.

×
Penulis Utama : Rizki Cintia Devi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016377
Tahun : 2020
Judul : Analisis Gugatan Class Action dalam Perkara Ganti Rugi Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Bungbulanggarut (Studi Putusan Nomor 535 PK/Pdt/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.HUKUM - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. HUKUM, Jur. Ilmu Hukum-E0016377-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Harjono S.H., M.H.,
2. Zakki Adlhiyati, S.H.,M.H.,L.L.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.