Penulis Utama : Rizal Irvan Amin
NIM / NIP : E0016374
×

ABSTRAK
Rizal Irvan Amin. 2020. E00116374. TELAAH URGENSI PEMBENTUKAN SINGLE CENTERED BODY PEMBENTUK PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI BAWAH KEWENANGAN PEMERINTAH DALAM RANGKA MEWUJUDKAN REGULASI YANG EFEKTIF. Penulisan Hukum (Skripsi) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi pembentukan single centered body pembentuk peraturan perundang-undangan di bawah kewenangan pemerintah dan bagaimana bentuk ideal dari single centered body di bawah kewenangan pemerintah tersebut.
     Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif dan berbentuk preskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan, perbandingan, dan konseptual. Penelitian menggunakan sumber hukum primer dan sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan untuk selanjutnya dianalisis melalui metode penalaran deduktif (silogisme).
Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi problem akut regulasi di Indonesia, baik dari aspek kuantitas maupun kualitas. Problem akut tersebut disebabkan karena masih belum tertatanya nomenklatur dan isi materi peraturan perundang-undangan dan masih tersebarnya kewenangan pembentukan dan pengelolaan peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu, pembentukan single centered body pembentuk peraturan perundang-undangan menjadi sebuah urgensi sebagai terobosan luar biasa agar kuantitas peraturan perundang-undangan dapat dikendalikan secara proposional dan kualitas peraturan perundang-undangan dapat juga ditingkatkan. Sedangkan desain ideal dari single centered body pembentuk peraturan perundang-undangan di bawah kewenangan pemerintah ini adalah berbentuk Lembaga Pemerintah Non-Kementrian (LPNK) dengan tugas untuk melaksanakan fungsi legislasi (pembentukan dan pengelolaan) di bawah kewenangan pemerintah. Nantinya lembaga ini akan terdiri dari 7 (tujuh) bagian yang klusterisasinya dibuat berdasarkan jenis peraturan perundang-undangan dan tugas fungsi regulasi tertentu.

×
Penulis Utama : Rizal Irvan Amin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016374
Tahun : 2020
Judul : Telaah Urgensi Pembentukan Single Centered Body Pembentuk Peraturan Perundang-Undangan di Bawah Kewenangan Pemerintah dalam Rangka Mewujudkan Regulasi yang Efektif
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.HUKUM - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. HUKUM, Jur. Ilmu Hukum -E0016374-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Riwanto, S.H., S.Ag., M.Ag
2. Achmad, S.H., M.H.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.