Penulis Utama : Ristria Wirawati Aji
NIM / NIP : E0016372
×

ABSTRAK

Ristria Wirawati Aji. E0016372.KREDIT PANGAN DENGAN JAMINAN USAHA BUDIDAYA PENGGEMUKAN SAPI (Studi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Karanganyar). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pemberian kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Karanganyar dengan menggunakan jaminan fidusiayaitu berupa usaha budidaya penggemukan sapi dan yang terjadi dalam prakteknya kredit pangan dengan jaminan usaha budidaya penggemukan sapi ini sebagai bentuk pengembangan dari jaminan fidusia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris atau non doctrinal. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dimana yang dimaksudkan adalah komponen analisis dengan model interaktif bahwa ketiga data tersebut saling berinteraksi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, diketahui bahwa mekanisme beserta syarat-syaratpemberian kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Karanganyar dengan jaminan fidusia berupa usaha budidaya penggemukan sapi tersebut sangat mudah dan sederhana.Dalam mekanisme pemberian kredit dengan jaminan fidusia berupa usaha budidaya penggemukan sapi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Karanganyar terdiri dari beberapa tahap dan syarat yang harus dipenuhi oleh calon debitor, yaitu Tahap Pengajuan Kredit, Tahap Analisa Kredit, Tahap Analisa Jaminan Kredit, Tahap Pengikatan Kredit serta Tahap Persetujuan dan Realisasi Kredit. Kredit pangan dengan jaminan usaha budidaya penggemukan sapi dapat dikategorikan sebagai barang dagang, sehingga dalam prakteknya usaha budidaya penggemukan sapi tersebut sebagai pengembangan dari jaminan fidusia.

×
Penulis Utama : Ristria Wirawati Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016372
Tahun : 2020
Judul : Kredit Pangan dengan Jaminan Usaha Budidaya Penggemukan Sapi (Studi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.HUKUM - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. HUKUM, Jur. Ilmu Hukum -E0016372-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pranoto, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.