Penulis Utama : Rio Aditya Mahendra
NIM / NIP : E0016371
×

ABSTRAK
Rio Aditya Mahendra. 2020. E0016371. TINJAUAN YURIDIS HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH HAK MILIK SEBAGAI AGUNAN ATAS PEMBERIAN KREDIT DI BANK JATENG CABANG PEMBANTU NGALIYAN. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum UniversitasSebelasMaret.
Skripsiinibertujuanuntukmengetahuimengenaibagaimana proses tahapan/prosedurpemberiankredit dan bentukupayaupaya yang dilakukan Bank JatengapabilaterdapatdebiturwanprestasiataukreditmacetnamunjaminanhaktanggunganyadisengketakanmenurutUndang-UndangNomor 4 Tahun 1996 TentangHakTanggungan. Serta upayaterakhirapabilatidakmenemuititikterangdalampenyelesaiankredittersebut.
Skripsiinimerupakanhasilpenelitianhukumempirisbersifateksploratif. Jenis data primer meliputihasilwawancara yang sudahdilakukanpenulisdenganKaryawankaryawan Bank Jateng dan Nasabah Bank Jatengmengenaiprosedurpemberiankreditsertaupayadalampenyelesaiankreditmacetdenganjaminanhaktanggungan yang dalamsengketa. Serta meliputi data sekundermeliputibahanhukum primer, sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalahstudilapangan, dan denganmengkajihasilwawancara dan dihubungkandenganUndang-UndangNomor 4 Tahun 1996 TentangHakTanggungan.
Hasil penelitianmenunjukkanbahwaprosedurpemberiankredit yang diberikan Bank Jatengsudahsesuaidenganprosedur yang terteradalamUndang-UndangRepublik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 TentangperubahanatasUndang-UndangNomor 7 Tahun 1992 TentangPerbankan. PenyelesaiankreditmacetdenganJaminanberupahaktanggungan yang mengalamisengketa di Bank Jatengadalahdenganmengutamakanjalur non litigasi, karenahaltersebuttergolongrelatifcepatdibandingkandenganjalurlitigasi. Namunapabilajalur non litigasitidakmembuahkanhasilmakaupayaterakhiradalahdenganjalurlitigasi.SertapenafsirandalamUndang-UndangNomor 4 Tahun 1996 yang memberikanperlindunganhukumkepadakreditur, yaituketentuanPasal 1 angka 1 tentanghak preference seorangkreditur; Pasal 6, Pasal 14 ayat (1), (2), dan (3) sertaPasal 20 ayat (2) dan (3) tentangeksekusiHakTanggungan; Pasal 11 ayat (2) tentangjanji yang harusdicantumkandalamAktaPemberianHakTanggungan (APHT) untukmelindungikrediturketikadebiturwanprestasi, sertaketentuanPasal 7 tentangasas droit de suite yang menyatakanbahwaHakTanggungantetapmenjaminobjeknyasekalipunberalihkepadapihakketigasehinggaakantetapmenjaminpelunasanpiutangkreditur.

×
Penulis Utama : Rio Aditya Mahendra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016371
Tahun : 2020
Judul : Tinjauan Yuridis Hak Tanggungan atas Tanah Hak Milik sebagai Agunan Atas Pemberian Kredit di Bank Jateng Cabang Pembantu Ngaliyan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.HUKUM - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. HUKUM, Jur. Ilmu Hukum -E0016371-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ambar Budhisulistyawati, S.H.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.