Penulis Utama : Wahyuni Sukma Tyaswari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216099
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Pemberian Safety Talk Terhadap Perilaku Aman pada Pekerja Bagian Mill PT Alis Jaya Ciptatama Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216099-2020
Subyek : SAFETY TALK, PERILAKU AMAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
 
Wahyuni Sukma Tyaswari, R0216099, 2020. Pengaruh Pemberian Safety Talk terhadap Perilaku Aman pada Pekerja Bagian Mill PT Alis Jaya Ciptatama Klaten. Skripsi Program D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
 
Latar Belakang: Salah satu industri informal yang sedang berkembang di Indonesia adalah industri mebel. Dari segi keselamatan kerja, pekerja industri mebel memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi karena bekerja menggunakan mesin yang berbahaya. Potensi bahaya yang terdapat di PT Alis Jaya Ciptatama diantaranya yaitu tangan tersayat mesin, batuk-batuk akibat menghirup debu halus kaki tertimpa peralatan kerja, potensi bahaya kebakaran dan potensi bahaya kelistrikan. Pengendalian yang sudah dilakukan oleh perusahaan yaitu menyediakan APD berupa masker dan memasang prosedur pengoperasian mesin di lokasi yang mudah terlihat. Perusahaan telah menerapkan program morning briefing, namun pada program tersebut belum terdapat topik bahasan mengenai aspek K3. Hal ini menyebabkan kesadaran pekerja untuk berperilaku aman ketika bekerja masih rendah. Untuk meningkatkan perilaku aman pekerja dapat melalui pemberian intervensi berupa safety talk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian safety talk terhadap perilaku aman pada pekerja bagian mill PT Alis Jaya Ciptatama Klaten.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experimental menggunakan pretest-posttest non-equivalent groups design. Populasi pada penelitian ini adalah pekerja bagian mill yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masingmasing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat 25 orang. Perilaku aman dilakukan menggunakan checklist perilaku aman yang terdiri dari 10 indikator perilaku aman. Penelitian telah terdaftar dalam layak etik. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik Independent samples t-test..
 
Hasil: Hasil uji statistik dengan Independent samples t-test menunjukkan adanya perbedaan perilaku aman yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai p = 0,000. Peningkatan skor perilaku aman pada kelompok eksperimen adalah sebesar 0,45 atau peningkatan kategori sedang.

Simpulan: Ada pengaruh pemberian safety talk terhadap perilaku aman pada pekerja bagian mill PT Alis Jaya Ciptatama Klaten

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB 1.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
2. Heni Hastuti, dr., MPH
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi