Penulis Utama : Yeni Afinda
NIM / NIP : R0216104
×

ABSTRAK

Yeni Afinda, R0216104, 2020. Hubungan Motivasi dengan Kepatuhan Penggunaan APD pada Perawat di Ruang Gadar Kritis RSUD Wonogiri, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Terdapat potensi bahaya dan risiko yang dapat terjadi pada perawat saat memberikan obat injeksi pada pasien. Upaya untuk mengurangi risiko tersebut salah satunya dengan penggunaan APD. Faktor yang mempengaruhi rendahnya perilaku perawat dalam penggunaan APD yaitu rendahnya motivasi dan kurangnya kepatuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dengan kepatuhan penggunaan APD pada perawat di ruang gadar kritis RSUD Wonogiri.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan desain cross sectional. Responden diambil dari perawat di ruang gadar kritis RSUD Wonogiri sejumlah 44 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui motivasi dan cheklist lembar observasi untuk mengetahui kepatuhan penggunaan APD berupa sarung tangan non steril dan sepatu saat memberikan obat injeksi pada pasien. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi somers’D.

Hasil: Hasil uji korelasi somers’D menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan kepatuhan penggunaan APD (nilai p=0,019), dengan kekuatan hubungan (r) sebesar 0,491 yang berarti sedang dan arah hubungan positif.

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan kepatuhan penggunaan APD pada perawat di ruang gadar kritis RSUD Wonogiri, dengan kekuatan hubungan sedang dan arah hubungan positif.

×
Penulis Utama : Yeni Afinda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216104
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Motivasi dengan Kepatuhan Penggunaan APD pada Perawat di Ruang Gadar Kritis RSUD Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma 4-Keselematan dan Kesehatan Kerja-R0216104-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
2. RAJ. Sri Wulandari, dr., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.