Penulis Utama : Ais Farida
NIM / NIP : R0317003
×

ABSTRAK

Ais Farida. R0317003. 2020. ASUHAN KEBIDANAN TERINTEGRASI PADA NY. R G4P2A1 UMUR 31 TAHUN DI PUSKESMAS SETABELAN

SURAKARTA. Program Studi DIII Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret

 

Ruang lingkup : Asuhan kebidanan terintegrasi dimulai sejak kehamilan, bersalin, bayi baru lahir hingga keluarga berencana. Tujuannya untuk menjamin kesejahteraan ibu dan bayi serta deteksi dini komplikasi

Pelaksanaan : Asuhan kehamilan dilakukan dua kali, pada kunjungan pertama terdapat masalah yaitu tinggi badan ibu kurang dari 145 cm dan tidak dilakukan pemeriksaan panggul. Persalinan dengan kala II lama berlangsung di Puskesmas. Asuhan nifas dilakukan kunjungan sebanyak 3 kali, tidak terdapat komplikasi. Asuhan bayi baru lahir terdapat caput succedaneum dirujuk ke dokter spesialis anak dapat ditangani selama 10 hari serta pada kunjungan kedua terdapat ikterik derajat I dan dapat ditangani selama 4 hari. Asuhan KB ibu diberikan konseling tentang macam-macam alat kontrasepsi yang tidak mengganggu produksi ASI.

Evaluasi : Asuhan kehamilan berjalan normal. Terdapat indikasi persalinan kala II lama. Bayi lahir secara normal di Puskesmas Setabelan Surakarta, bayi diberikan ASI eksklusif. Tidak ditemukan komplikasi pada masa nifas. Ibu memilih KB suntik 3 bulan.

Simpulan dan saran : Terdapat kesenjangan dalam pemberian asuhan yaitu tidak dilakukan pemeriksaan panggul dan persalinan tidak dilakukan di Rumah Sakit dengan persalinan kala II lama. Petugas kesehatan diharapkan dapat memberikan asuhan secara komprehensif sesuai dengan SOP serta penanganan kegawatdaruratan pada persalinan.

×
Penulis Utama : Ais Farida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0317003
Tahun : 2020
Judul : Asuhan Kebidanan Terintegrasi pada Ny R Umur 31 Tahun di Puskesmas Setabelan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Kebidanan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma III-Kebidanan-R0317003-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Niken Bayu Argaheni, S.ST., M.Keb,
2. Ken Rehadi Damayanti, SST
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.