Penulis Utama : Devi Devinda Novita Sari
NIM / NIP : R0317012
×

ABSTRAK

Devi Devinda Novita Sari. R0317012. 2020. ASUHAN KEBIDANAN TERINTEGRASI PADA NY. B UMUR 33 TAHUN DI PUSKESMAS SIBELA SURAKARTA. Program Studi D III Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret.

Ruang Lingkup: Asuhan kebidanan terintegrasi berlangsung selama 3 bulan dimulai dari hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir hingga keluarga berencana. Asuhan diberikan secara komprehensif untuk menjamin kesejahteraan ibu dan bayi serta deteksi dini komplikasi.

Pelaksanaan: Asuhan kehamilan dilakukan sesuai tatalaksana ibu hamil dengan anemia ringan pada kunjungan pertama. Asuhan persalinan dilakukan dengan memotivasi ibu bersalin secara sectio caesaria a/i TBJ besar. Asuhan nifas dilakukan dengan memberi konseling nyeri post SC pada hari ke 1, mengajarkan relaktasi pada hari ke 30 dan konseling pembengkakan pada labia mayora pada hari ke 32. Asuhan BBL dilakukan dengan memastikan pemberian ASI Ekslusif. Asuhan KB dilakukan konseling pemilihan alat kontrasepsi sesuai kondisi ibu.

Evaluasi: Terdapat peningkatan kadar Hb pada akhir pemeriksaan menjadi 12,4 gr/dl. Asuhan persalinan dilakukan secara sectio caesaria a/i TBJ besar, bayi tidak dilakukan IMD. Asuhan Nifas, masalah pada masa nifas teratasi. Asuhan BBL, setelah dimotivasi ibu bersedia memberikan ASI saja dan menghentikan susu formula. Asuhan KB, ibu memilih KB kondom.

Simpulan dan Saran: Terdapat kesenjangan dalam pelaksanaan IMD, perawatan tali pusat dengan metode tertutup dan pemberian ASI Ekslusif. Diharapkan instansi kesehatan memfasilitasi pelaksanaan IMD, melakukan perawatan tali pusat terbuka, dan klien sebaiknya memberikan ASI eksklusif dan mempertimbangkan menggunakan KB efektif jangka panjang.

×
Penulis Utama : Devi Devinda Novita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0317012
Tahun : 2020
Judul : Asuhan Kebidanan Terintegrasi pada Ny B Umur 33 Tahun di Puskesmas Sibela Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Kebidanan
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-Diploma III-Kebidanan-R0317012-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ropitasari, S.Si.T., M.Kes
2. Y.F. Kristiana S.ST
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.