Penulis Utama : Oky Dea Novianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0415046
Tahun : 2020
Judul : FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI PETANI DALAM KEGIATAN UNIT PENGOLAH PUPUK ORGANIK (UPPO) DI KABUPATEN KARANGANYAR
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak Pertanian PROGRAM STUDI ILMU TANAH-H0415046-2020
Subyek : FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI PETANI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

RINGKASAN

Oky Dea Novianti. H0415046. “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Petani dalam Kegiatan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO)”. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dibawah bimbingan Dr. Dwiningtyas Padmaningrum, SP., M.Si dan Dr. Agung Wibowo SP., M.Si.
Partisipasi petani menunjukkan keterlibatan dan keikutsertaan petani dalam pembangunan yang meliputi kegiatan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil suatu program pembangunan yang dikerjakan masyarakat lokal.
Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) partisipasi petani dalam kegiatan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO); (2) umur, pengalaman individu, pendidikan nonformal, akses informasi dan pengambilan risiko petani dalam pemanfaatan UPPO; dan (3) hubungan antara umur, pengalaman individu, pendidikan nonformal, akses informasi dan pengambilan risiko petani dengan partisipasi dalam kegiatan UPPO.
Metode dasar penelitian adalah kuantitatif dengan teknik survai. Penentuan lokasi ditentukan secara sengaja yakni wilayah yang menjalankan kegiatan UPPO di 6 desa dari 5 kecamatan, meliputi Desa Pereng dan Desa Pendem (Kecamatan Mojogedang); Desa Seloromo (Kecamatan Jenawi); Desa Ngeblak (Kecamatan Tawangmangu); Desa Kerjo (Kecamatan Kerjo); serta Desa Ngadiluwih (Kecamatan Matesih) di Kabupaten Karanganyar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling yang melibatkan 60 responden. Analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman (????????) dengan program IBM SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) petani memiliki partisipasi tinggi dalam kegiatan UPPO, (2) mayoritas petani berumur produktif, mayoritas pengalaman individu petani termasuk kategori tinggi, mayoritas pendidikan nonformal petani termasuk kategori tinggi, petani memiliki akses informasi rendah, mayoritas petani siap dalam pengambilan risiko, (3) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pengalaman individu, akses informasi dan pengambilan risiko petani dengan partisipasi petani dalam kegiatan UPPO, namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara umur petani dan pendidikan nonformal dengan partisipasi petani dalam kegiatan UPPO.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwiningtyas Padmaningrum, SP., M.Si
2. Dr. Agung Wibowo SP., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian