Penulis Utama : Monica Danysa Ajeng Irawan
NIM / NIP : F0215068
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kunci penentu terjadinya smartphone addiction, serta bertujuan untuk memahami efek prediksi motif dan bagaimana  perbedaan  efek  motif  tersebut  terhadap  masing-masing  gender dalam konteks smartphone addiction. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Reguler Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun Ajaran 2015. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 300 mahasiswa yang diambil dari 5 fakultas yang   berbeda.   Teknik   pengambilan   sampel   yang   digunakan   yaitu  teknik multistage   random   sampling.   Metode   confirmatory   factor   analysis   (CFA) digunakan untuk menguji validitas dan metode cronbach’s alpha guna menguji reliabilitas dengan bantuan software SmartPLS 3.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perceived enjoyment, social relationship, mood regulation, pastime, dan conformity  berpengaruh positif dan signifikan   terhadap   smartphone   addiction.   Selain   itu,   gender   memoderasi hubungan antara perceived enjoyment, social relationship, mood regulation, pastime, dan conformity terhadap smartphone addiction. Selanjutnya, perceived enjoyment, mood regulation, dan pastime cenderung lebih kuat pada wanita dibandingkan   pria,   hubungan   tersebut   berpengaruh   negatif  dan  signifikan terhadap smartphone addiciton. Namun, pada social relationship dan conformity tidak terdapat  perbedaan  antara pria dan wanita,  pria dan wanita  cenderung memiliki   pengaruh   yang   sama   terhadap   smartphone   addiction,   sehingga hubungan tersebut tidak signifikan.

×
Penulis Utama : Monica Danysa Ajeng Irawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0215068
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Motif pada Smartphone Addiction, Peran Moderasi Gender (Studi pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Manajemen Ekonomi- F0215068 -2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Salamah W ahyuni, SU
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.