Penulis Utama : Refo Rizkyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0216082
Tahun : 2020
Judul : Analisis Keandalan Sistem pada Layanan Full Service dan Self Service (Studi pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Solo Baru)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Manajemen Ekonomi- F0216082 -2020
Subyek : FULL SERVICE, SELF SERVICE, FISHBONE DIAGRAM, KEANDALAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Pemeliharaan dan keandalan adalah salah satu dari keputusan manajemen yang mempunyai peran vital bagi sebuah perusahaan dalam menjaga performa pada profitabilitas dan melindungi investasi perusahaan. Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis keandalan dan masalah yang ada pada layanan full service dan self service di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Solo Baru. Metode penelitian dilakukan dengan perhitungan angka tingkat kegagalan berdasar variabel jenis kegagalan dan durasi waktu menggunakan teori keandalan, lalu menganalisis permasalahan menggunakan fishbone diagram untuk mengidentifikasi faktor penyebab masalah dan merumuskan rekomendasi yang tepat untuk manajemen dalam melakukan perbaikan.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan sumber data primer. Data dalam penelitian diperoleh dengan cara melakukan pengamatan dan wawancara secara langsung di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Solo Baru, Data yang digunakan merupakan data lama pembeli dan jenis kegagalan selama layanan di pos Full Service dan Self Service selama 1 minggu di bulan Desember 2019.
Hasil  dari  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  keandalan  yang dimiliki pos  full service  berdasar proses layanan sebesar 82%  dan 96?rdasar  durasi  layanan,  sementara  pos  self  service  berdasar  proses layanan sebesar 77?n 68?rdasar durasi layanan. Persentase tersebut menunjukan pos full service memiliki keandalan lebih tinggi berdasarkan proses layanan dan durasi layanan dibandingkan pos  self service. Hasil penelitian juga menunjukan faktor-faktor yang mempengaruhi keandalan layanan full service dan self service berdasarkan pendekatan man, method dan machine dan diketahui masalah yang paling dominan yang mempengaruhi keandalan yaitu kelebihan volume pengisian dengan persentase sebesar 33,87% sekaligus tindakan perbaikan yang dilakukan yaitu pembuatan pedoman standar dalam bekerja dan pembuatan sistem estimasi terhadap volume pengisian.

 

Kata Kunci : Full Service, Self Service, Fishbone Diagram, Keandalan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reza Rahardian,SE., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis