Penulis Utama : Lia Mei Kastuti
NIM / NIP : K3115028
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik Daily Behavior Report Card (DBRC) untuk membantu peserta didik terisolir pada kelas XI di SMK PGRI 1 Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan penelitian eksperimen dengan desain single subject design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK PGRI 1 Surakarta berjumlah 2 peserta didik yaitu FR dari kelas otomotif dan HA dari kelas mesin. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi yang valid dan reliabilitas untuk peserta didik terisolir. Hasil penelitian dianalisis menggunakan splite middle technique dan analisis klinis.
Hasil penelitian menunjukkan subjek penelitian mengalami perubahan perilaku. Subjek FR berdasarkan hasil analisis ada perubahan slope 2,23 dan perubahan level 2. Subjek HA berdasarkan hasil analisis ada perubahan slope 4,05 dan perubahan level 2,22. Hasil analisis klinis didapat dari guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran dan teman sekelas subjek bahwa subjek menunjukkan perubahan perilaku menjadi lebih adjustment dan pro social.
Kesimpulannya DBRC efektif untuk membantu peserta didik terisolir karena terdapat berubahan perilaku pada subjek menjadi lebih adjustment dan pro sosial pada kelas XI SMK PGRI 1 Surakarta. Peneliti merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan DBRC yang bertujuan untuk meningkatkan perilaku positif peserta didik.

Kata Kunci: Konseling Behavior, DBRC, Peserta Didik Terisolir

×
Penulis Utama : Lia Mei Kastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115028
Tahun : 2020
Judul : Keefektifan Teknik Daily Behavior Report Card (DBRC) untuk Membantu Peserta Didik Terisolir pada Kelas XI di SMK PGRI 1 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Bimbingan dan Konseling-K3115028-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 3. Dr. Ribut Purwaningrum, M. Pd.,
2. Agus Tri Susilo, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.