Penulis Utama : Septiana Nuraini
NIM / NIP : K3115052
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi stres akademik peserta didik kelas XI SMAN 7 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design berjumlah 16 subjek yang terdiri dari 8 subjek kelompok eksperimen dan 8 subjek kelompok kontrol. Subjek dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan skala stres akademik. Proses analisis data menggunakan Mann Whitney dengan SPSS 17.
Berdasarkan analisis yang diperoleh melalui uji Mann Whitney pada skor posttest angka signifikansi yang dihasilkan adalah 0,031 < 0>Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk mereduksi stres akademik peserta didik kelas XI SMAN 7 Surakarta. Saran bagi guru BK diharapkan dapat menerapkan teknik restrukturisasi kognitif sebagai upaya untuk mereduksi stres akademik pada peserta didik.
   
Kata Kunci: Teknik Restrukturisasi Kognitif, Stres Akademik, Peserta Didik

 

×
Penulis Utama : Septiana Nuraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115052
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mereduksi Stres Akademik Peserta Didik Kelas XI SMAN 7 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Bimbingan dan Konseling-K3115052-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ribut Purwaningr um, M.Pd.
2. Agus Tri Susilo, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.