Penulis Utama : Vidya Dewantari
NIM / NIP : K3115060
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling realita dalam meningkatkan kedisiplinan tata tertib pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Karanganyar. Konseling realita membantu konseli menghadapi kenyataan dengan menekankan kesadaran pilihan dan bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar sesuai dengan prinsip 3R (Right, Responsibility & Reality).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu single subject design dengan design A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah dua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar, yaitu KCR dan ILM. Teknik pengumpulan data menggunakan Pedoman Observasi Perilaku Disiplin Tata Tertib peserta didik, kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah split middle technique dan analisis klinis sebagai evaluasi subjektif oleh significant others.
Hasil penelitian menunjukkan masing-masing subjek penelitian mengalami peningkatan perubahan perilaku disiplin tata tertib. Perubahan subjek KCR ditunjukkan dengan adanya perubahan pada jumlah frekuensi yaitu rata-rata jumlah frekuensi saat baseline adalah ±12 kali menjadi ±16 kali pada intervensi. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data menggunakan split middle technique terdapat perubahan slope 1.45 dan perubahan level 1.42. Perubahan subjek ILM ditunjukkan dengan adanya perubahan pada jumlah frekuensi yaitu rata-rata jumlah frekuensi saat baseline adalah ±11 kali menjadi ±15 kali pada intervensi. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data menggunakan split middle technique terdapat perubahan slope 1.23 dan perubahan level 1.36. Hasil analisis data klinis yang dilakukan terhadap guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran dan teman dekat meyatakan subjek menunjukkan perilaku kearah yang lebih baik. Melalui konseling realita, peserta didik mampu mengontrol diri dan bertanggung jawab sesuai kenyataan sebagai seorang pelajar yang berperilaku sesuai dengan tata tertib sekolah
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konseling realita efektif untuk meningkatkan kedisiplinan tata tertib peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Karanganyar.
 
Kata kunci: konseling realita, disipin tata tertib, SMP

×
Penulis Utama : Vidya Dewantari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115060
Tahun : 2020
Judul : Keefektifan Konseling Realita untuk Meningkatkan Kedisiplinan Tata Tertib Peserta Didik Kelas VIII SMP N 4 Karangnyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Bimbingan dan Konseling-K3115006-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asrowi M. Pd,
2. Agus Tri Susilo, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.