Penulis Utama : Noviatun Puji Astuti
NIM / NIP : K3116047
×

Abstrak

Tujuan penelitian : (1) Mendeskripsikan subjek ditinjau dari identitas subjek, ciri fisik, ciri psikis, aktivitas di panti dan di luar panti, keunikan subjek, wujud konkrit perilaku, faktor penyebab, dampak, bantuan oleh kepala panti; (2) Mendeskripsikan tentang variabel ditinjau dari deskripsi perilaku krisis kasih sayang, kesepian jiwa, kesiapan kematian, analisis kepribadian, kesehatan mental, faktor penyebab, dampak, dan alternatif pemecahan masalah.
Penelitian di Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta dilakukan selama 7 bulan. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer yang berupa wawancara langsung dengan 3 lansia dan data sekunder yang berupa wawancara langsung dengan pengurus panti, teman sebaya, keluarga, dan satpam. Peneliti menggunakan teknik snowball sampling dalam pengambilan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Pedoman wawancara dan observasi sebelum digunakan dilakukan construct adjustment ahli. Langkah dalam analisis data yaitu ada reduksi data, penyajian data, penarikan dan pengujian kesimpulan. Prosedur penelitian yaitu berisi persiapan penelitian, pengumpulan data, memilih dan mengatur data sesuai kebutuhan penelitian, analisis data, serta penyusunan laporan penelitian.
Hasil penelitian berdasarkan deskripsi subjek dan deskripsi variabel. Deskripsi subjek ditinjau dari identitas subjek penelitian, ciri fisik subjek, ciri psikis subjek, aktivitas subjek di panti,  aktivitas subjek di luar panti, keunikan subjek, wujud konkrit perilaku subjek, faktor penyebab perilaku subjek, dampak yang terjadi pada subjek, bantuan pemecahan masalah masalah oleh kepala panti sedangkan berdasarkan deskripsi variabel ditinjau dari deskripsi perilaku krisis kasih sayang, kesepian jiwa, kesiapan kematian, analisis kepribadian, kesehatan mental, faktor penyebab, dampak dan alternatif pemecahan masalah dengan RET dan Coping.

Kata kunci: krisis kasih sayang, kesepian jiwa, kesiapan kematian, RET, Coping

 

×
Penulis Utama : Noviatun Puji Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116047
Tahun : 2020
Judul : Studi Kasus pada Lansia Ditinjau Dari Krisis Kasih Sayang, Kesepian Jiwa, dan Kesiapan Kematian di Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Bimbingan dan Konseling-K3116047-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd.,
2. Dr. Naharus Surur, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.