Penulis Utama : Bayu Abdul Muntolip
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K321317
Tahun : 2020
Judul : Proses Pembelajaran Teknik Makrame dalam Mata Pelajaran Tekstil pada Siswa Kelas X IPA-2 di SMA Negeri 1 Pare Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Pendidikan Seni Rupa-K321317-2020
Subyek : PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA, MAKRAME, TEKNIK MAKRAME
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1. Proses pembelajaran teknik makrame pada mata pelajaran seni budaya di kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Pare. 2. Bentuk karya makrame yang dihasilkan oleh siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Pare Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan strategi yang digunakan adalah studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan: Informan, tempat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan : purposive sampling. Validitas data yang diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data menggunakan model analisis mengalir atau flow model of analysis, yang meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian yang digunakan  yaitu tahap persiapan, tahap pengerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Proses pembelajaran sendi budaya dengan materi teknik makrame sudah berjalan dengan baik, guru menyampaikan materi dengan menggunakan 4 metode pembelajaran yaitu: (1) metode ceramah, (2) metode demonstrasi, (3) metode pemberian tugas, (4) metode tanya jawab. 2. Permasalahan yang dihadapi selama proses pembelajaran meliputi: (1) segi metode , (2) segi minat peserta didik, (3) segi media. 3. Karya yang dihasilkan oleh siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri  1  Pare  menggunakan  berbagai  macam  teknik  simpul makrame.  Makrame tersebut merupakan seni rupa tiga dimensi yang dibuat dengan cara menyimpulkan tali dengan menggunakan berbagai macam teknik simpul.

Kata Kunci: proses pembelajaran seni budaya, makrame, teknik makrame

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.,
2. Dr. Endang Widyastuti, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP